Staf Rumah Sakit Gaza Ditanyai Jaksa Kejahatan Perang ICC, Netanyahu Ketakutan

Selasa, 30 April 2024 - 18:41 WIB
loading...
Staf Rumah Sakit Gaza Ditanyai Jaksa Kejahatan Perang ICC, Netanyahu Ketakutan
Rumah Sakit Al Shifa hancur setelah dikepung dan diserbu pasukan kolonial Israel di Jalur Gaza. Foto/anadolu
A A A
DEN HAAG - Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mewawancarai staf dari dua rumah sakit terbesar di Gaza, menurut dua sumber kepada Reuters.

Ini adalah konfirmasi pertama bahwa penyelidik ICC sedang berbicara dengan petugas medis tentang kemungkinan kejahatan perang di Jalur Gaza.

Sumber tersebut, yang meminta tidak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut, mengatakan kepada Reuters bahwa para penyelidik ICC telah mengambil kesaksian dari staf yang pernah bekerja di rumah sakit utama di Kota Gaza di utara daerah kantong tersebut, Al Shifa, dan rumah sakit utama di Khan Yunis di Gaza selatan, Nasser.

Sumber tersebut menolak memberikan rincian lebih lanjut, dengan alasan kekhawatiran tentang keselamatan calon saksi.

Salah satu sumber mengatakan kejadian di sekitar rumah sakit dapat menjadi bagian dari penyelidikan ICC, yang menyidangkan kasus pidana terhadap individu atas kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, genosida dan agresi.

Kantor Kejaksaan ICC menolak memberikan komentar mengenai masalah operasional dalam penyelidikan yang sedang berlangsung, dengan alasan perlunya menjamin keselamatan para korban dan saksi.

ICC mengatakan pihaknya sedang menyelidiki kedua pihak dalam konflik tersebut, termasuk serangan tanggal 7 Oktober oleh pejuang Hamas terhadap Israel dan serangan Israel berikutnya di Gaza.

Selama konflik, dua rumah sakit utama di Gaza telah menjadi sasaran utama Israel yang dikepung dan diserbu pasukan Israel yang menuduh Hamas menggunakan rumah sakit tersebut untuk tujuan militer. Namun tuduhan Israel itu dibantah Hamas dan para staf medis.

Dalam beberapa hari terakhir, para pejabat Palestina juga menuntut penyelidikan setelah ratusan jenazah digali di kuburan massal di Nasser.

Kedua sumber tersebut tidak dapat mengatakan apakah kuburan tersebut merupakan bagian dari pertanyaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)