Mengenal Pegunungan Hissar, Diduga Sebagai Tempat Persembunyian Yajuj Majuj di Uzbekistan

Selasa, 30 April 2024 - 17:01 WIB
loading...
Mengenal Pegunungan Hissar, Diduga Sebagai Tempat Persembunyian Yajuj Majuj di Uzbekistan
Pegunungan Hissar di Uzbekistan. Foto/canaan.travel
A A A
HISSAR - Pegunungan Hissar sering diduga sebagai tempat persembunyian Yajuj Majuj di Uzbekistan. Hal ini mengacu pada tafsir ‘The Holy Quran’ yang ditulis Abdullah Yusuf Ali.

Menurut kepercayaan agama Islam, akan muncul Yajuj Majuj menjelang hari kiamat. Mereka disebut sebagai ras atau bangsa barbar yang bakal berbuat kerusakan dan kekacauan di dunia.

Pada kisahnya, Yajuj Majuj saat ini masih terkurung di suatu tempat yang tidak diketahui. Melihat ciri-ciri tempat yang dulu digunakan sebagai tempat untuk mengurungnya, muncul beragam teori dan spekulasi mengenai lokasi asli persembunyian Yajuj Majuj.

Adapun salah satunya berada di Uzbekistan, tepatnya di sebuah pegunungan bernama Hissar. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Tempat Persembunyian Yajuj Majuj di Uzbekistan


Lokasi tembok yang mengurung Yajuj dan Majuj masih menjadi misteri. Sedikit tanda pernah dikeluarkan dalam kitab suci umat Islam yang menyatakan bahwa tempat mereka berada adalah di antara gunung-gunung.

Pada sekian banyak teori, Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir ‘The Holy Quran’ pernah menuliskan lokasi tempat mengurung Yajuj Majuj.

Ia menyebut Hissar Uzbekistan yang berada sekitar 240 km di tenggara Bukhara. Tepatnya di sebuah celah sempit antara gunung-gunung batu di sekitarnya.

Mengacu pada sumber di atas, sebagian menduga bahwa Hissar yang dimaksud adalah jajaran pegunungan Hissar atau biasa dikenal Hissar Range. Tempat ini adalah sebuah pegunungan tinggi di bagian selatan negara Uzbekistan.

Pegunungan Hissar terletak di antara Sungai Amu Darya dan Zeravshan. Lokasinya di sebelah barat sistem pegunungan Pamir-Alay yang membentang 200 km ke arah timur dan barat melintasi wilayah Uzbekistan dan Tajikistan.

Pegunungan Hissar juga dianggap sebagai pegunungan tertinggi di negaranya. Titik tertingginya berada di zona perbatasan dengan Tajikistan dan dikenal dengan nama Khazret Sultan.

Demikianlah ulasan mengenai pegunungan Hissar yang diduga sebagai tempat persembunyian Yajuj Majuj di Uzbekistan.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)