Athan Cup 2024 Pererat Silaturahmi Antar WNI di Polandia

Selasa, 30 April 2024 - 17:45 WIB
loading...
Athan Cup 2024 Pererat Silaturahmi Antar WNI di Polandia
Dubes RI Indonesia untuk Polandia Anita Lidya Luhulima, Atase Pertahanan (Athan) Republik Indonesia (RI) di Warsawa Kolonel Sus Adi Triady didampingi istri Syilvia Malvinas Anggraini berfoto bersama para pemenang Athan Cup 2024 yang diikuti WNI dan angggo
A A A
WARSAWA - Kantor Atase Pertahanan Republik Indonesia di Warsawa, Polandia, berhasil menggelar kegiatan Athan Cup 2024 yang ditujukan sebagai ajang silahturahmi antar WNI yang tinggal di Polandia.

Acara itu sekaligus bertujuan sebagai bagian dari fungsi diplomasi pertahanan.

Atase Pertahanan (Athan) Republik Indonesia (RI) di Warsawa, Kolonel Sus Adi Triady menuturkan kegiatan yang berhasil digelar di Warsawa ini berhasil terlaksana berkat koordinasi antara Kantor Athan RI di Warsawa dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Polandia.

PPI Polandia termasuk salah satu perkumpulan pelajar tertua di dunia karena pertama kali dimulai pada tahun 1957 oleh sepuluh pelajar Indonesia yang dikirim untuk pertukaran pelajar di masa Presiden Soekarno.

“Jadi kegiatan silahturahmi antar WNI yang tinggal di Polandia ini juga menjadi bagian dari fungsi diplomasi pertahanan yang menjadi tugas kantor Athan, dalam bentuk membina masyarakat dan mahasiswa indonesia di Polandia,” ujar dia pada Minggu (28/4/2024).

Dia menjelaskan Buku Putih Pertahanan Indonesia 2008 menempatkan diplomasi sebagai lini terdepan pertahanan negara.

Sementara diplomasi pertahanan juga merupakan proses yang tidak hanya melibatkan aktor negara saja tetapi juga organisasi non-pemerintah, think-tank dan masyarakat sipil.

“Diplomasi pertahanan bertujuan untuk memperbaiki hubungan antar negara baik melalui jalur formal maupun informal, dengan pemerintah maupun non-pemerintah dan dengan risiko dan biaya yang rendah. Strategi diplomasi pertahanan yang tepat akan meningkatkan kemampuan militer suatu negara, termasuk kemampuan intelijen,” ungkap dia.



Menurut Athan RI di Polandia yang terakreditasi di Ukraina, Hongaria dan Slowakia tersebut, Athan Cup 2024 digelar dengan tujuan meningkatkan rasa persatuan antar WNI di Polandia, menumbuhkan jiwa nasionalisme, dan mendorong rutinitas hidup sehat bagi para WNI di Polandia.

Kegiatan Athan Cup 2024 dilaksanakan pada Sabtu, 27 April 2024 di Pusat Olahraga dan Rekreasi Solec (OSIR) Solec mempertandingkan tiga kategori, yaitu Ganda Putra, Ganda Putri, dan Ganda Campuran, yang memperebutkan juara I, II, dan III.

Menurut karbol Akademi Aangkatan Udara (AAU) tahun 1999 tersebut jumlah peserta Athan Cup 2024 berhasil mencapai 11 tim ganda putra, enam tim ganda putri, dan delapan tim ganda campuran yang secara resmi dibuka oleh Duta Besar RI untuk Polandia, Anita Lidya Luhulima.

Kegiatan ini diikuti para mahasiswa dan alumni dari Warsaw University of Technology, University of Information and Management in Rzeszow, Jagielllonian University, Collegium Civitas, Vistula University maupun karyawan dan pemagang di institusi bisnis di Polandia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)