Agama Warga Negara Uzbekistan dan Persentasenya

Senin, 29 April 2024 - 17:35 WIB
loading...
Agama Warga Negara Uzbekistan dan Persentasenya
Mayoritas penduduk Uzbekistan menganut agama Islam. Foto/AP
A A A
JAKARTA - Agama warga negara Uzbekistan dan persentasenya menarik diketahui. Negara ini merupakan salah satu pecahan Uni Soviet.

Uzbekistan adalah sebuah negara terkurung daratan di Asia Tengah. Wilayahnya berbatasan dengan Kazakhstan di utara, Kirgistan di timur laut, Afghanistan di selatan, Tajikistan di tenggara, serta Turkmenistan di bagian barat daya.

Saat ini, Uzbekistan diperkirakan memiliki populasi mencapai lebih dari 35 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, masing-masing warganya tak hanya terbatas pada satu keyakinan agama saja.

Warga Uzbekistan diketahui menganut sejumlah agama yang berbeda. Berikut ini persentasenya yang bisa diketahui.


Agama Warga Negara Uzbekistan

1. Islam

Islam adalah agama mayoritas yang dianut warga Uzbekistan. Jumlahnya sendiri terbilang cukup besar.

Mengutip laman U.S. Embassy in Uzbekistan, penganut Islam di Uzbekistan mencapai angka 88 persen per 2022. Hal ini menjadikan Islam sebagai agama mayoritas di negara pecahan Uni Soviet tersebut.

Lebih jauh, mayoritas umat Islam di Uzbekistan adalah penganut Sunni dari mazhab Hanafi. Selain itu, diperkirakan juga sekitar 0,03 persen yang berasal dari pemeluk Syiah.

2. Kristen Ortodoks

Selain Islam yang mendominasi, sebagian warga Uzbekistan juga diketahui memeluk agama Kristen Ortodoks. Angkanya sendiri berada di 2,2 persen, lebih kecil dari tahun 2019 yang mencapai 3,5 persen.

Menurut perkiraan pemerintah, jumlah pemeluk Kristen Ortodoks ini didominasi warga yang memiliki etnis Rusia. Jumlahnya meningkat seiring berkecamuknya perang Rusia-Ukraina.

3. Agama Lain

Selain Islam dan Kristen Ortodoks, masih banyak agama yang dianut warga Uzbekistan. Hanya saja, angkanya relatif kecil.

Menurut data pemerintah, ada sekitar 1,5 persen populasi yang mencakup komunitas kecil Katolik Roma, Kristen etnis Korea, Lutherans, Seventh-day Adventists, Pentecostals, Jehovah’s Witnesses, Buddha, Baha’i hingga ateis.

Selain itu, ada juga populasi Yahudi campuran Ashkenazi dan Sephardic (Bukharan). Jumlahnya mungkin mencapai hingga 5.425 orang.

Demikianlah ulasan mengenai agama warga negara Uzbekistan dan persentasenya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)