20 Tentara Kamboja Tewas karena Ledakan Amunisi, tapi Penyebabnya Masih Misterius

Minggu, 28 April 2024 - 14:45 WIB
loading...
20 Tentara Kamboja Tewas karena Ledakan Amunisi, tapi Penyebabnya Masih Misterius
Gudang amunisi meledak di Kamboja dan menewaskan 20 tentara. Foto/AP
A A A
BANGKOK - Keamanan diperketat di sekitar pangkalan militer di barat daya Kamboja pada Minggu (28/4/2024). Itu terjadi sehari setelah ledakan besar di sana menewaskan 20 tentara, melukai lainnya dan merusak rumah-rumah di dekatnya.

Para tentara =berusaha menjauhkan media dari lokasi di provinsi Kompong Speu.

Hun Manet mengatakan dalam sebuah posting Facebook pada hari Sabtu bahwa dia “sangat terkejut” ketika menerima berita tentang ledakan di distrik Chbar Mon di provinsi tersebut. Belum jelas apa penyebabnya.

Seorang penduduk desa yang tinggal di dekatnya mengatakan kepada Associated Press pada hari Minggu bahwa dia gemetar setelah mendengar ledakan tersebut karena dia belum pernah mengalami ledakan sekuat itu.

“Saat ledakan terjadi, saya sedang memperbaiki rumah saya bersama beberapa pekerja konstruksi,” kata Chim Sothea. “Tiba-tiba terjadi ledakan keras hingga menyebabkan rumah saya berguncang dan atap rumah saya pecah. Mereka terjatuh tapi untungnya tidak jatuh ke dalam rumah.”

Gambar dari lokasi kejadian menunjukkan beberapa bangunan rusak parah di pangkalan tersebut, setidaknya satu bangunan atapnya hancur, dan tentara menerima perawatan di rumah sakit. Foto lain menunjukkan rumah-rumah di dekatnya yang atapnya berlubang.

"Empat bangunan – tiga untuk penyimpanan dan satu fasilitas kerja – hancur dan beberapa kendaraan militer rusak," kata Kolonel Youeng Sokhon, seorang perwira militer di lokasi tersebut, dalam laporan singkat kepada panglima militer Jenderal Mao Sophan, yang diposting di media sosial. Ia menambahkan, 25 rumah warga desa juga rusak. Foto-foto pangkalan tersebut menunjukkan struktur yang rusak di lapangan yang luas, tampaknya tidak ada bangunan sipil di dekatnya.

Seorang warga desa lainnya, yang meminta untuk disebutkan namanya saja Sophal, mengatakan kepada AP bahwa dia mendengar suara yang tajam, dan ketika dia melihat asap mengepul dari arah pangkalan militer, dia menyadari bahwa itu adalah ledakan di gudang senjata. Dia kemudian berlari kembali ke rumahnya dari toko kecil tempat dia menjual makanan dan minuman untuk berlindung di dalam bersama istri dan dua anaknya.

Dia mengatakan militer segera menutup jalan menuju pangkalan tersebut dan “penduduk desa panik dan mencari tempat yang aman.” Dia kemudian memindahkan keluarganya ke rumah orang tuanya, lebih jauh dari markas. Ketika dia kembali ke rumahnya beberapa jam kemudian, dia menemukan rumahnya tidak rusak namun rumah penduduk desa lainnya mengalami kerusakan jendela, pintu dan atap, katanya.

Kamboja, seperti banyak negara di kawasan ini, menderita gelombang panas yang berkepanjangan, dan provinsi tempat ledakan terjadi mencatat suhu tertinggi mencapai 39 pada hari Sabtu. Meskipun suhu tinggi biasanya tidak dapat meledakkan amunisi, suhu tinggi dapat menurunkan stabilitas bahan peledak dalam jangka waktu tertentu, dengan risiko satu ledakan kecil dapat memicu kebakaran dan reaksi berantai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)