7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno

Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:30 WIB


Tahun Didirikan dan berakhir : c. 753 SM - 1453 M

Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Italia Modern - Repulic Konstitusional Parlemen Kesatuan

Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 2 Juni 1946

Bersama Yunani kuno, Romawi kuno memberikan banyak kontribusi pada pemerintahan, hukum, dan politik modern. Menurut mitologi Romawi, Roma didirikan pada 21 April 753 SM oleh Romulus dan Remus, yang merupakan keturunan dari pangeran Trojan, Aeneas.

Selama periode pertama sejarah Romawi kuno, peradaban diperintah oleh monarki, yang akhirnya digulingkan sekitar 509 SM. Roma menjadi sebuah republik dan pemerintahannya dikendalikan oleh bangsawan. Di bawah Republik Romawi, kelas sosial dan kekayaan menentukan hak suara warga negara. (Baca juga: Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah)

Republik Romawi berakhir pada 27 SM ketika Kekaisaran Romawi mulai bangkit dan mendominasi tidak hanya semenanjung Italia tetapi juga wilayah di bagian lain Eropa, Afrika, dan Asia. Kekaisaran Roma mendirikan tiga cabang utama pemerintahan: pemerintah pusat, militer, dan pemerintah provinsi. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, Italia mengalami banyak perang dan diperintah oleh raja dan rezim fasis sebelum menjadi republik modern.

7. Jepang



Tahun Didirikan dan berakhir : c.660 SM - hari ini
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More