7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno

Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:30 WIB
Dinasti Qin dianggap sebagai dinasti Kekaisaran pertama China dan Qin Shi Huang adalah Kaisar pertama. China terus berada di bawah kekuasaan Kekaisaran hingga akhir Dinasti Qing pada 1912. Setelah itu, Republik China didirikan dan Sun Yat-sen yang menjabat sebagai Presiden pertama Republik. (Baca juga: Arkeolog Temukan Kota Kuno Berusia 4.000 Tahun di China)

Republik China hanya bertahan selama beberapa dekade hingga Partai Komunis memenangkan Perang Saudara pada 1949. Ketua Partai Komunis Mao Zedong kemudian memproklamirkan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

5. Yunani Kuno



Tahun Didirikan dan berakhir : c.1100 SM - c.600 CE

Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Republik Parlemen Kesatuan

Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 11 Juni 1975

Pemerintah Yunani kuno, terutama dari periode Klasik (c.500 - c.323 SM), dianggap salah satu yang paling berpengaruh dalam sejarah modern. Seperti yang sudah diketahui semua orang, orang Yunani bertanggung jawab untuk menegakkan demokrasi, yang merupakan bentuk pemerintahan yang digunakan oleh sebagian besar dunia saat ini.

Sebelum demokrasi dikembangkan di Athena Klasik, Yunani kuno dibagi menjadi negara-kota. Pada Periode Archaic (sekitar abad ke-8 - sekitar 480 SM) negara-kota ini menjadi oligarki aristokrat. Akhirnya, demokrasi semakin populer dan hampir setiap negara kota mendirikan demokrasi mereka sendiri. (Baca juga: Kota - kota Tertua di Dunia)

6. Roma Kuno
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More