7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno

Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:30 WIB
Peradaban manusia sudah berusia ribuan tahun. Dalam membangun peradabannya manusia mulai berkumpul dan mengorganisir diri lewat sebuah pemerintahan. Ilustrasi/SINDOnews/Masyudi
PERADABAN manusia sudah berusia ribuan tahun. Dalam membangun peradabannya manusia mulai berkumpul dan mengorganisir diri lewat sebuah pemerintahan.

Pemerintah adalah sistem atau sekelompok orang yang mengatur komunitas terorganisir, bisa merupakan sebuah negara atau wilayah di dalam negara. Namun ternyata ada banyak sekali bentuk pemerintahan di belahan bumi ini. Berikut sejumlah pemerintahan tertua di dunia. (Baca juga: Mengenal Peradaban Kuno Tertua di Dunia)

1. Sumeria (Mesopotamia Kuno)



Tahun Didirikan dan berakhir : c.4500 - c.1900 SM



Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Irak Modern - Republik Parlemen Federal

Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 15 Oktober 2005

Sebagai salah satu peradaban perkotaan pertama di dunia, bangsa Sumeria mendirikan pemerintahan pertama dan tertua di dunia. Pada milenium ke-4 SM, Sumeria dibagi menjadi banyak negara kota yang diperintah oleh gubernur atau raja imam. (Baca juga: Enheduanna: Putri Raja, Pendeta, dan Penyair Perempuan Pertama di Dunia)

Bangsa Sumeria juga bertanggung jawab atas kode hukum tertua yang ditemukan saat ini, Kode Ur-Nammu. Pemerintah Sumeria menjalankan beberapa program publik termasuk penggunaan tenaga kerja khusus pertanian dan sistem irigasi dan saluran besar-besaran. Meskipun peradaban Sumeria sudah tidak ada lagi, keturunan mereka tersebar di negara Irak modern.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More