7 Pemerintahan Tertua di Dunia, dari Mesopotamia hingga Yunani Kuno

Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:30 WIB
Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 18 Januari 2014

Orang Mesir kuno memiliki pemerintahan paling terkenal dan terdokumentasi secara menyeluruh dari semua peradaban tua dunia. Melalui catatan yang disimpan orang Mesir kuno, kita tahu bahwa setiap aspek kehidupan Mesir diatur melalui berbagai tingkat pemerintahan.

Di puncak hierarki pemerintah adalah firaun yang secara teori, memiliki kendali penuh atas tanah, sumber daya, dan rakyat Mesir kuno. Setelah firaun menjadi raja, yang merupakan komandan militer, kemudian ada wazir yang memiliki tugas terbanyak.

Wazir bertindak sebagai perwakilan raja dan mengkoordinasikan survei tanah, bendahara, proyek pembangunan, sistem hukum, dan arsip. Negara dibagi lagi menjadi nomes, yang diperintah di tingkat regional oleh seorang nomark. (Baca juga: Makam penyanyi Mesir kuno berusia 3.000 tahun ditemukan)

4. China



Tahun Didirikan dan berakhir : c.2070 SM - sekarang

Bentuk Pemerintahan Saat Ini : Republik Sosialis Satu Partai Kesatuan

Tanggal Konstitusi yang dipakai Saat Ini : 4 Desember 1982

Seperti Jepang, sejarah dinasti pertama China (Dinasti Xia c. 7070 - c. 1600 SM) dianggap apokrif dan meskipun keberadaannya diyakini secara luas oleh orang China, hal itu mungkin tidak akurat secara historis. Setelah Dinasti Xia, beberapa dinasti lagi muncul di China kuno sebelum periode Kekaisaran dimulai pada 221 SM.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More