Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah

Jum'at, 21 Desember 2018 - 14:54 WIB
Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah
Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah
A A A
Manusia berolahraga untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat menjalani aktifitas sehari-hari. Namun bagaimana jika olahraga tersebut mengandung bahaya? Di zaman modern ini terdapat banyak olahraga berbahaya tetapi sekaligus menyehatkan seperti gulat, tinju, ataupun panjat tebing. Tapi tahukah Anda, dalam sejarahnya olahraga ekstrem dan berbahaya sudah dilakukan manusia di ribuan tahun lalu.

Berikut 10 di antaranya:

01. Land Diving
Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah

Biasa dimainkan di Pulau Pentakosta, Vanuatu, Pasifik selatan. Setiap pemain harus menaiki kayu bulat kasar setinggi 75 kaki (sekitar 25 meter). Setelah naik dan sudah sampai di atas, pemain harus mengikatkan pohon anggur ke masing-masing kaki. Setelah itu Anda harus melompat dari menara setinggi 25 meter mirip seperti permainan bungee jumping. Walaupun pohon anggur punya elastisitas cukup baik tapi semua orang juga tahu bahwa itu tetaplah tanaman rambat, dan kebanyakan mereka yang memainkan ini pohon rambatnya kemungkinan besar akan putus.

02. Polo Kuno
Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah

Polo merupakan salah satu permainan tertua di dunia. Permainan ini masih sering dimainkan di masa kini tapi nuansa dalam memainkannya adalah kekeluargaan.Polo Kuno (Ancient Polo) dimainkan oleh Kekaisaran Persia Kuno beberapa waktu sebelum abad keenam SM. Berbeda dengan sekarang dimana polo dimainkan dengan suasana kekeluargaan, dulu permainan ini dimainkan para pejuang oleh pasukan kavaleri dengan nuansa serius dan digunakan sebagai latihan perang dengan menggunakan ramming kuda kecepatan tinggi. Bahkan, Kaisar Byzantine Manuel mengalami gegar otak, Kaisar Alexander dan John dari Trebizond meninggal kala memainkan permainan ini.

03. Anastenaria

Olahraga ini berasal dari cerita ribuan tahun lalu saat sebuah gereja di Bulgaria terbakar. Saat itu orang-orang di dalam gereja keluar melintasi api dengan selamat. Setelah cerita tersebut, orang-orang Bulgaria diikuti oleh orang Yunani mulai memainkan permainan ini. Mereka akan membakar kayu-kayu lalu berjalan melintasinya.

04. Calcio Fiorentino

Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah

Dari namanya olahraga ini banyak dikaitkan dengan Italia. Permainan ini sebenarnya tak jauh beda dengan rugby. Bedanya kalau rugby sekarang memakai pelindung lengkap dan cedera menjadi sangat minim, tidak demikian dengan Calcio Fiorentino. Ini adalah olahraga yang dimainkan oleh Bangsa Romawi Kuno dan biasa dipertontonkan di alun-alun pusat Kota Florenc. Mereka akan dibagi dalam dua tim yang saling berebut bola dengan mencoba cara apapun. Pemain bisa saling bergulat, meninju, menendang, menerjang semua sah. Untuk menambah nuansa bela diri, setiap kali gol meriam akan ditembakkan. Konyolnya pemenang cuma diberi hadiah makanan, atau seekor sapi. Dan yang kalah diberi hadiah luka-luka untuk dirawat di rumah.

05. Knattleikr

Olahraga ini dimainkan oleh bangsa Viking. Mendengar bangsa Viking yang memainkannya pasti Anda sudah tahu bahwa permainan ini menjurus keras. Permainan ini dibagi menjadi dua tim dimana dua tim akan membawa sebuah kayu yang sudah dibentuk sedemikian rupa untuk menangkap bola. Permainannya mirip seperti kriket. Tapi bola yang digunakan sangat keras dan akan membuat orang yang melakukannya berdarah ketika bola tersebut mengenainya.

06. Chariot Racing
Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah

Dimainkan oleh bangsa Romawi, Chariot Racing biasa disebut balapan kereta kuda. Olahraga ini dimainkan di tempat yang juga digunakan untuk pertarungan gladiator. Chariot Racing yang biasa digunakan sebagai ajang berjudi, menggunakan kereta yang ditarik oleh dua atau empat ekor kuda dalam tujuh lap. Kunci untuk menyalip dalam permainan Chariot Racing adalah dengan memotong jalur dalam sehingga kecelakaan menjadi hal lumrah terjadi. Hasil studi menunjukkan, rata-rata pemain Chariot Racing meninggal di usia 22 tahun.

07. Water Jousting
Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah

Olahraga Water Justing sangat berbahaya karena alat yang digunakan bertanding yaitu tongkat tajam dengan pelindung sebuah perisai lengkap serta tim pendayung berjumlah sepuluh orang berkecepatan tinggi yang siap menenggelamkan para pemainnya jika kalah terjatuh. Masyarakat sekitar sungai Nil di Mesir malah memilliki sistem permainan lebih mengerikan terkait olahraga ini. Jika di tempat lain pemain yang jatuh akan tenggelam, di Mesir mereka yang jatuh ke sungai Nil ancamanya bukan hanya tenggelam tetapi juga buaya dan kuda nil yang sudah menanti di bawah.

08. Pankration
Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah

Di Yunani Kuno, Pankration adalah olahraga yang diperlombakan dimana dua orang saling berhadapan dalam pertarungan brutal tanpa peraturan (seperti gulat di era modern). Satu-satunya peraturan adalah bahwa para pejuang tidak boleh menggigit, mencungkil mata, atau menyerang alat kelamin satu sama lain.

09. Mob Football

Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah

Di Inggris pada abad ke-14 setiap hari Selasa adalah hari paling ditunggu oleh para pemuda karena sangat populernya permainan ini. Sebenarnya permainan ini bisa disebut sebagai awal mula hooliganisme di sepak bola. Permainannya mirip seperti sepak bola. Bedanya mob football dimainkan oleh banyak orang sekaligus tanpa peraturan sehingga bisa disebut sebagai kerusuhan dan keruwetan daripada olahraga. Dan sebenarnya mereka menggunakan permainan ini sebagai ajang tawuran. Cederanya? Bisa kaki patah hingga kematian.

10. Cretan Bull
Olahraga Ekstrem pada Jaman Kuno yang Pernah Ada dalam Sejarah

Leaping Peraturan dalam permainan Cretan bull leaping sangat-sangat sederhana. Yaitu Anda diharuskan untuk melompati banteng. Olahraga ini awalnya muncul pada 1.400 SM di kreta. Dan yang diingat bahwa banteng kreta berbeda dengan banteng sekarang karena Banteng Kreta terkenal akan keganasannya dan kecepatannya. Kalau di olahraga lompat tinggi ketika pemain gagal melompati tiang akan jatuh di atas matras empuk namun Cretan Bull Leaping taruhannya nyawa kalau jatuh.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3947 seconds (0.1#10.140)