Tradisi Khas Bulan Ramadan di Berbagai Negara

Jum'at, 24 Maret 2023 - 21:11 WIB

Pakistan

Pada bulan Ramadan, masyarakat Pakistan menyajikan minuman herbal rasa mawar serta camilan gorengan seperti samosa serta pakora.

Selain itu, masyarakat Pakistan juga memiliki tradisi Chaand Raat, yang menandai akhir Ramadan serta awal Idul Fitri. Pada perayaan ini, para perempuan Pakistan membeli aksesori warna-warni seperti gelang, hingga membeli inai.

Turki

Masyarakat Turki yang sahur pada bulan Ramadan akan dibangunkan oleh para penabuh drum yang menggunakan pakaian tradisional Ottoman. Tradisi tersebut sudah dilakukan sejak zaman Kekaisaran Ottoman. Para penabuh menggunakan rompi dan fez yang dihiasi dengan motif tradisional.

Irak

Setelah berbuka puasa, masyarakat Irak berkumpul untuk melakukan permainan tradisional yang disebut Mheibes. Permainan tersebut melibatkan dua kelompok laki-laki yang semuanya bergiliran untuk menyembunyikan mihbes atau cincin.

Maroko

Maroko juga mempunyai jam alarm manusia yang disebut Nafars. Diketahui, Nafars mempunyai tanggung jawab untuk membangun masyarakat untuk sahur.

Pada malam terakhir Ramadan, mereka pun diberi imbalan atas pelayanan tersebut. Para Nafars menggunakan pakaian tradisional Maroko dan mereka melantukan doa hingga lagu di sepanjang jalan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(min)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More