Tradisi Khas Bulan Ramadan di Berbagai Negara

Jum'at, 24 Maret 2023 - 21:11 WIB
Ada tradisi khas di berbagai negara dalam menyemarakkan bulan Ramadan. Foto/REUTERS
JAKARTA - Ada tradisi khas bulan Ramadan yang menari di berbagai negara. Saat ini, masyarakat muslim di dunia tengah menjalankan puasa Ramadan.

Di setiap negara yang merayakan Ramadan memiliki tradisi khas masing-masing. Berikut ulasannya.

Mesir

Warga Mesir menyambut Ramadan dengan fanous, yaitu lentera warna-warni yang melambangkan persatuan serta kegembiraan selama bulan suci Ramadan.



Meski tradisi ini lebih bersifat budaya daripada agama, menyalakan lentera berkaitan erat dengan bulan suci Ramadan mempunyai makna spiritual. Tradisi tersebut berawal dari zaman dinasti Fatimiyah.



Saat ini, fanous diintegrasikan dalam tradisi lokal lainnya. Contohnya, saat bulan suci Ramadan, anak-anak berjalan dengan membawa fanous, bernyanyi, sambil meminta hadiah serta permen.

Lebanon

Meriam ditembakkan setiap hari selama bulan Ramadan untuk menandakan waktu berbuka puasa. Tradisi tersebut biasa dikenal Midfa Al Iftar, yang pertama kali dipercaya dilakukan di Mesir, lebih dari 200 tahun yang lalu.

Praktik tersebut pun menyebar ke banyak negara termasuk Lebanon. Di Lebanon, meriam digunakan oleh Kekaisaran Ottoman untuk menandakan buka puasa di seluruh negeri.

Pada 1983, tradisi itu sempat dikhawatirkan hilang. Namun tradisi dapat berhasil dihidupkan kembali oleh tentara Lebanon.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More