Arab Saudi Akan Menjadi Kekuatan Nuklir yang Tak Tertandingi di Masa Depan, Ini Buktinya

Sabtu, 18 Mei 2024 - 20:20 WIB
loading...
Arab Saudi Akan Menjadi Kekuatan Nuklir yang Tak Tertandingi di Masa Depan, Ini Buktinya
Arab Saudi akan menjadi kekuatan nuklir di masa depan. Foto/AP
A A A
RIYADH - Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan akan mengunjungi Arab Saudi akhir pekan ini untuk melakukan pembicaraan yang diperkirakan akan membahas perjanjian kerja sama nuklir sipil, salah satu bagian dari perjanjian yang lebih luas yang diharapkan Washington akan mengarah pada normalisasi hubungan Israel-Saudi.

Arab Saudi Akan Menjadi Kekuatan Nuklir yang Tak Tertandingi di Masa Depan, Ini Buktinya

1. Nuklir untuk Kepentingan Sipil

Melansir Reuters, berdasarkan Pasal 123 Undang-Undang Energi Atom AS tahun 1954, Amerika Serikat dapat merundingkan perjanjian untuk terlibat dalam kerja sama nuklir sipil yang signifikan dengan negara lain.

Perjanjian ini menetapkan sembilan kriteria non-proliferasi yang harus dipenuhi oleh negara-negara tersebut agar negara-negara tersebut tidak menggunakan teknologi tersebut untuk mengembangkan senjata nuklir atau mentransfer bahan-bahan sensitif kepada negara lain.

Undang-undang tersebut mengatur peninjauan kongres terhadap perjanjian tersebut.

2. Menyukseskan Visi 203O

Sebagai eksportir minyak terbesar di dunia, Arab Saudi pada pandangan pertama bukanlah kandidat yang jelas untuk perjanjian nuklir yang biasanya bertujuan membangun pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik.

Ada dua alasan mengapa Riyadh ingin melakukan hal tersebut.

Yang pertama adalah bahwa berdasarkan rencana reformasi Visi 2030 yang ambisius dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman, kerajaan tersebut bertujuan untuk menghasilkan energi terbarukan dalam jumlah besar dan mengurangi emisi. Setidaknya sebagian dari hal ini diperkirakan berasal dari energi nuklir.

Para pengkritik menyebutkan kemungkinan alasan kedua: bahwa Riyadh mungkin ingin mengembangkan keahlian nuklir jika suatu hari nanti ingin memperoleh senjata nuklir meskipun ada perlindungan yang diabadikan dalam perjanjian dengan Washington untuk mencegah hal ini.

Putra mahkota Saudi telah lama mengatakan bahwa jika Iran mengembangkan senjata nuklir, Arab Saudi akan mengikutinya. Sikap ini telah memicu kekhawatiran mendalam di kalangan pendukung pengendalian senjata dan beberapa anggota parlemen AS mengenai kemungkinan kesepakatan nuklir sipil AS-Saudi.

Kerajaan Muslim Sunni dan Iran yang revolusioner Syiah telah berselisih selama beberapa dekade.


3. AS Akan Mendapatkan Keuntungan Strategis

Mungkin ada keuntungan strategis dan komersial.

Pemerintahan Biden tidak merahasiakan harapannya untuk menjadi perantara perjanjian multi-bagian yang akan mengarahkan Arab Saudi dan Israel untuk menormalisasi hubungan. Mereka yakin dukungan Saudi terhadap normalisasi mungkin sebagian bergantung pada tercapainya kesepakatan nuklir sipil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)
pixels