NATO Secara Resmi Undang Finlandia dan Swedia Bergabung

Kamis, 30 Juni 2022 - 03:18 WIB
loading...
A A A
Pemungutan suara ekspansi, dipasangkan dengan komitmen baru yang substansial yang memperkuat postur kekuatan NATO di Eropa, digabungkan untuk menjadikan KTT minggu ini di Madrid salah satu yang paling produktif dalam ingatan baru-baru ini.



Aliansi tersebut mendukung dokumen "Konsep Strategis" baru yang menguraikan tujuan NATO untuk dekade berikutnya. Dokumen tersebut, yang terakhir diperbarui pada 2010, memaparkan tantangan keamanan yang dihadapi aliansi pertahanan sambil menguraikan serangkaian tindakan.

Untuk pertama kalinya, dokumen itu menguraikan tantangan dari China, mengatakan bahwa ambisi dan kebijakan koersif negara itu menantang kepentingan, keamanan, dan nilai-nilai NATO.

Ini adalah pertama kalinya dokumen Konsep Strategis menyebutkan China; versi 2010 tidak menyebutkan Beijing. Konsep itu juga menyatakan bahwa perubahan iklim adalah tantangan yang menentukan.

Dokumen tersebut mengidentifikasi Rusia sebagai "ancaman paling signifikan dan langsung terhadap keamanan sekutu dan perdamaian dan stabilitas di kawasan Euro-Atlantik" dan membahas dukungan NATO untuk Ukraina merdeka. Dalam dokumen versi 2010, Rusia disebut sebagai "mitra Euro-Atlantik."

Hasilnya persis seperti yang diharapkan Putin untuk dilawan ketika dia menginvasi Ukraina lebih dari empat bulan lalu.

“Saya mengatakan Putin mencari Finlandiaisasi Eropa. Dia akan mendapatkan NATOisasi Eropa. Dan itulah yang tidak dia inginkan, tetapi apa yang perlu dilakukan untuk menjamin keamanan Eropa. Dan saya pikir itu perlu, " kata Presiden AS Joe Biden saat tiba di lokasi KTT di Madrid, Spanyol.



Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)