Rusia Warning NATO: Usik Crimea Bisa Sebabkan Perang Dunia III

Selasa, 28 Juni 2022 - 07:17 WIB
loading...
Rusia Warning NATO: Usik Crimea Bisa Sebabkan Perang Dunia III
Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev memperingatkan NATO bahwa mengusik Crimea akan menyebabkan Perang Dunia III. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia memperingatkan NATO untuk tidak mengusik wilayah Crimea. Jika itu nekat dilakukan, maka bisa menyebabkan Perang Dunia III .

Peringatan ini disampaikan Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev.

Crimea sebelumnya adalah bagian dari Ukraina. Namun, wilayah itu melepaskan diri setelah kudeta pecah di Kiev pada 2014. Crimea kemudian menggelar referendum dan akhirnya memilih bergabung dengan Federasi Rusia.

Baca juga: Rusia Merudal Mal Ukraina, Zelensky: Aksi Teroris Paling Kurang Ajar

Namun, Ukraina dan sekutu Barat-nya tidak mengakui referendum tersebut dan menganggap Rusia mencaplok atau menganeksasi Crimea.

"Bagi kami, Crimea adalah bagian dari Rusia. Dan itu berarti selamanya," kata Medvedev.

"Setiap upaya untuk melanggar batas Crimea adalah deklarasi perang terhadap negara kami," ujar mantan presiden Rusia itu kepada situs berita Argumenty i Fakty, yang dilansir Reuters, Selasa (28/6/2022).

"Dan jika ini dilakukan oleh negara anggota NATO, ini berarti konflik dengan seluruh aliansi Atlantik Utara; Perang Dunia Ketiga. Sebuah bencana total," imbuh dia.

Medvedev juga mengatakan bahwa jika Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO, Rusia akan memperkuat perbatasannya.

"Dan akan siap untuk langkah-langkah pembalasan, dan itu dapat mencakup prospek memasang rudal hipersonik Iskander di ambang pintu mereka," imbuh politisi sekutu dekat Presiden Vladimir Putin tersebut.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1474 seconds (10.101#12.26)