NATO Secara Resmi Undang Finlandia dan Swedia Bergabung

Kamis, 30 Juni 2022 - 03:18 WIB
loading...
NATO Secara Resmi Undang Finlandia dan Swedia Bergabung
NATO secara resmi mengundang Swedia dan Finlandia untuk bergabung. Foto/Ilustrasi
A A A
MADRID - NATO secara resmi mengundang Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi itu pada Rabu, sebuah ekspansi bersejarah dari blok pertahanan yang secara langsung melemahkan tujuan Presiden Rusia Vladimir Putin saat perangnya di Ukraina berlanjut.

Kelompok tersebut secara kolektif memutuskan untuk menyetujui aplikasi negara-negara Nordik itu untuk bergabung setelah Turki mencabut keberatannya, membuka jalan bagi perluasan paling penting NATO dalam beberapa dasawarsa.

"Aksesi Finlandia dan Swedia akan membuat mereka lebih aman, NATO lebih kuat, dan kawasan Euro-Atlantik lebih aman. Keamanan Finlandia dan Swedia sangat penting bagi Aliansi, termasuk selama proses aksesi," bunyi pernyataan yang dikeluarkan NATO seperti dikutip dari CNN, Kamis (30/6/2022).

Keputusan itu sekarang akan diserahkan ke parlemen dan legislatif 30 negara anggota untuk ratifikasi akhir. Para pemimpin NATO mengatakan mereka mengharapkan proses untuk bergerak cepat, memungkinkan aksesi cepat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menunjukkan persatuan melawan Putin.

Para pemimpin memasuki pembicaraan hari Rabu yang didorong oleh kemenangan diplomatik setelah Turki membatalkan keberatannya terhadap kedua negara yang bergabung dengan NATO, menyiapkan panggung bagi dua negara yang lama memilih netral untuk memasuki blok pertahanan.



Kepala NATO Jens Stoltenberg menyebut undangan resmi dari aliansi ke Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan blok pertahanan itu sebagai "keputusan bersejarah."

"Kesepakatan yang disimpulkan tadi malam oleh Turki, Finlandia dan Swedia membuka jalan bagi keputusan ini," kata sekretaris jenderal NATO dalam konferensi pers.

Dia menceritakan bagaimana dua putaran pembicaraan diadakan oleh pejabat senior di Brussel di bawah naungannya sebelum pertemuan konsekuensial hari Senin antara Presiden Finlandia Sauli Niinisto, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Pada hari Selasa, Turki setuju untuk membatalkan keberatannya terhadap tawaran keanggotaan Finlandia dan Swedia, menghilangkan rintangan besar bagi mereka untuk bergabung dengan NATO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)