Sejarah Masjidil Haram Diserang Kelompok Teroris yang Gegerkan Arab Saudi

Rabu, 08 Juni 2022 - 00:35 WIB
loading...
A A A
Salah satu akibat langsung dari serangan tersebut adalah lompatan raksasa Kerajaan Arab Saudi terhadap dogmatisme agama dan pola pikir kuno.

Setelah sepenuhnya menyadari potensi serangan di masa depan terhadap monarki, Raja Khalid bin Abdulaziz Al Saud berlindung dari Islamisme. Setelah perebutan Masjidil Haram tahun 1979, Arab Saudi menggunakan nama "Penjaga Islam dan Pembela Iman". Raja Khalid mengambil tindakan untuk mendengarkan keluhan para ulama.

Laporan lain menyebutkan bahwa Kerajaan Arab Saudi memperbaharui hubungan dengan ulama Wahhabi dan mengangkat mereka ke posisi penting dalam pendidikan, peradilan dan bimbingan agama.

House of Saud juga melakukan upaya untuk menyebarkan ajaran Wahabisme secara global dan memenuhi tuntutan para ulama terhadap peningkatan modernisasi Kerajaan Arab Saudi. Dengan cara itu, Raja Khalid mampu meniadakan kritik domestik terhadap monarki.

Sebelum pengepungan Masjidil Haram, ada pembicaraan tentang peningkatan kebebasan perempuan, hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan publik, dan pendidikan.

Semua itu berakhir dengan kepatuhan yang ketat terhadap hukum Syariah abad ke-7. Dengan serangannya, Juhaiman al-Otaybi secara tidak langsung berhasil membuat Kerajaan Arab Saudi mengadopsi ide-ide regresifnya tentang kehidupan.

Kaum Islamis kemudian telah berangkat untuk mengembalikan kemurnian murni Islam, sesuatu yang dimungkinkan dengan melarang konser publik, bioskop, menegakkan aturan berpakaian yang ketat pada wanita.

Menurut Nasser al-Huzaimi, semua langkah menuju modernisasi terhenti setelah serangan tersebut.

Dia menceritakan, “Biarkan saya memberi Anda contoh sederhana. Salah satu hal yang dia tuntut dari pemerintah Saudi adalah penghapusan presenter wanita dari TV. Setelah insiden [Masjidil] Haram, tidak ada presenter wanita yang muncul di TV lagi.”

Upaya perebutan Masjidil Haram juga mengilhami orang-orang seperti pentolan teroris al-Qaeda yang terbunuh, Osama bin Laden, yang kemudian mengeksekusi serangan 9/11 pada tahun 2001 di Amerika Serikat.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0836 seconds (0.1#10.140)