Sejarah Masjidil Haram Diserang Kelompok Teroris yang Gegerkan Arab Saudi

Rabu, 08 Juni 2022 - 00:35 WIB
loading...
A A A
Untuk menjaga moral anak buahnya tetap tinggi, Juhaiman al-Otaybi menyesatkan mereka agar percaya bahwa "Imam Mahdi" masih hidup.

“Bau-bau itu mengelilingi kami dari kematian atau luka-luka yang membusuk. Pada awalnya, air tersedia, tetapi kemudian mereka mulai menjatah persediaan. Kemudian kurmanya habis sehingga mereka mulai makan bola-bola adonan mentah...Itu adalah suasana yang menakutkan. Rasanya seperti Anda berada di film horor,” kata seorang saksi mata. Akhirnya pada hari ke-6 pasukan Arab Saudi menguasai halaman Masjidil Haram.

Intervensi Prancis

Para fundamentalis berlindung ke dalam sel-sel di bawah masjid dan menjadi sulit untuk mengeluarkan Otaybi dan anak buahnya dari Masjidil Haram.

Raja Khalid saat itu menghubungi Presiden Prancis Valery Giscard d'Estaing. Setelah menyadari bahwa konflik dalam negeri di Kerajaan Arab Saudi dapat berdampak pada ekspor minyak di dunia, Estaing mengirim tiga penasihat dari unit kontra-terorisme Prancis (GIGN) ke Arab Saudi.

“Duta besar kami memberi tahu saya bahwa jelas pasukan Arab Saudi sangat tidak terorganisir dan tidak tahu bagaimana harus bereaksi. Bagi saya tampaknya berbahaya, karena kelemahan sistemnya, ketidaksiapannya, dan dampaknya terhadap pasar minyak global,” kata Presiden Prancis kepada BBC saat itu.

Para penasihat militer Prancis berlindung di sebuah hotel di kota Taif. Mereka merekomendasikan penggunaan tabung gas untuk membuat udara tidak dapat digunakan untuk bernapas di ruang bawah tanah, tempat Otaybi dan anak buahnya bersembunyi.

“Lubang digali setiap 50m untuk mencapai ruang bawah tanah. Gas disuntikkan melalui lubang ini. Gas itu disebarkan dengan bantuan ledakan granat ke setiap sudut tempat para pemberontak bersembunyi,” kata Kapten Prancis Paul Barril, yang memimpin misi tersebut. Otaybi dan anak buahnya segera kehabisan makanan dan amunisi. Dengan pengiriman bom asap yang terus-menerus, pemimpin kelompok teroris, yang mengeklaim berangkat untuk membebaskan Arab Saudi dari korupsi moral, menyerah dengan 63 orang lainnya.

Pengepungan Masjidil Haram berakhir pada 4 Desember 1979. Sebanyak 117 anak buah Otaybi tewas dalam baku tembak sementara 63 dieksekusi oleh pemerintah Saudi.

Juhaiman al-Otaybi adalah salah satuteroris pertama yang dipancung di depan umum. Laporan saat itu menyebutkan bahwa pemancungan dilakukan di 8 kota Arab Saudi yaitu Makkah, Madinah, Riyadh, Buraidah, Dammam, Abha, Ha'il dan Tabuk.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)