Pertama Sejak Pembatasan, Kereta dari Korut Seberangi Perbatasan ke China

Minggu, 16 Januari 2022 - 23:00 WIB
loading...
Pertama Sejak Pembatasan, Kereta dari Korut Seberangi Perbatasan ke China
Pertama Sejak Pembatasan, Kereta dari Korut Seberangi Perbatasan ke China.
A A A
PYONGYANG - Sebuah kereta kargo Korea Utara (Korut) berhenti di sebuah kota perbatasan China pada Minggu (16/1/2022). Ini menjadi penyeberangan pertama yang dikonfirmasi sejak penguncian perbatasan anti-coronavirus dimulai.

Hingga kini, Korut belum secara resmi melaporkan kasus COVID-19 di wilayah mereka, namun telah memberlakukan tindakan anti-virus yang ketat. Termasuk penutupan perbatasan dan pembatasan perjalanan domestik sejak pandemi dimulai pada awal 2020.



Seperti dilaporkan kantor bertita Yonhap, sebuah kereta barang Korut melintasi jembatan kereta api Sungai Yalu untuk tiba di kota Dandong di China. Yonhap menyatakan, ini menandai pertama kalinya Korut secara resmi membuka perbatasan daratnya dengan China.

"Itu berarti pertukaran bahan (antara Korut dan China) secara resmi telah berlangsung," kata sumber pemerintah pada Yonhap. Sumber itu menambahkan bahwa pengiriman pasokan medis dan kebutuhan sehari-hari kemungkinan akan dilanjutkan.

Tidak segera dikonfirmasi apakah membawa kereta itu membawa kargo atau kosong. Kemungkinan, kereta kargo itu akan kembali ke Korut pada hari Senin dengan "materi darurat".



Kantor berita Kyodo Jepang juga melaporkan kedatangan kereta, mengutip sumber informasi. Sementara data China menunjukkan beberapa perdagangan terbatas terus berlanjut, sebagian besar pengiriman tampaknya menggunakan pelabuhan Korut, bukan kereta api yang melintasi perbatasan daratnya.

Para pejabat di Seoul mengatakan akhir tahun lalu bahwa mereka mengawasi dengan cermat untuk dimulainya kembali lalu lintas kereta api lintas batas sebagai sinyal bahwa pembatasan mungkin dilonggarkan.



Setelah hampir dua tahun penutupan perbatasan, beberapa bantuan kemanusiaan mengalir ke negara itu, meskipun pengiriman pasokan utama termasuk makanan tetap diblokir, menurut organisasi PBB.

Beberapa pengiriman nutrisi dan bantuan medis telah masuk ke negara itu setelah tiga bulan karantina di pelabuhan laut Nampo, tetapi belum ada konfirmasi pengiriman besar yang diangkut dengan kereta api.

Layanan kereta datang menjelang acara-acara penting, seperti Tahun Baru Imlek, yang jatuh pada 1 Februari tahun ini, pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing pada 4 Februari dan 16 Februari ulang tahun Kim Jong-il, mendiang ayah. pemimpin Kim Jong-un saat ini.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)