Taliban Kembali Langgar Janji, Larang Jurnalis Perempuan Afghanistan Bekerja

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 00:02 WIB
loading...
Taliban Kembali Langgar Janji, Larang Jurnalis Perempuan Afghanistan Bekerja
Taliban kembali melanggar komitmennya setelah dilaporkan melarang jurnalis perempuan Afghanistan untuk bekerja. Foto/Ilustrasi
A A A
KABUL - Washington Post dan Committee to Protect Journalists (CPJ) melaporkan Taliban melarang dua presenter perempuan Afghanistan di Radio Television Afghanistan (RTA) yang dikelola pemerintah untuk datang bekerja. Laporan ini seolah mementahkan komitmen Taliban untuk mengizinkan perempuan dalam kehidupan publik.

Seorang pembawa berita perempuan di RTA, Khadija Amin, datang ke kantornya hendak bekerja. Namun saat sampai di sana ia menemukan seorang pembawa berita pria telah menggantikannya. Seorang pemimpin outlet media tersebut yang berasal dari Taliban menyuruhnya untuk tinggal di rumah selama beberapa hari lagi.

“Ada perubahan dalam program…(dan) tidak ada presenter perempuan atau jurnalis perempuan,” kata Amin, menurut berita independen Tolo News seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (21/8/2021).

Karyawan perempuan lainnya, presenter Shabnam Dawran, mengatakan dia bahkan tidak diizinkan masuk ke gedung.

"Saya tidak diizinkan masuk, meskipun saya membawa lencana ID saya," kata Dawran dalam sebuah video yang diposting ke media sosial, menurut Washingtin Post.

"Pekerja laki-laki diizinkan, tetapi saya diancam. Mereka mengatakan kepada saya bahwa rezim telah berubah..hidup kami berada di bawah ancaman serius," imbuhnya.



Jurnalis perempuan Afghanistan telah melaporkan pengambilalihan Taliban atas negara mereka meskipun ada ancaman dari kelompok tersebut.

Selain penyiar perempuan yang tidak mengudara, CNN melaporkan pada hari Senin bahwa Taliban telah mengunjungi rumah-rumah dan melakukan panggilan telepon yang mengancam ke beberapa jurnalis perempuan. Pejuang Taliban juga menyerang dua jurnalis pria yang meliput protes di kota Jalalabad, Afghanistan timur, menurut CPJ.

“Melucuti media publik dari presenter berita perempuan terkemuka adalah tanda yang tidak menyenangkan bahwa penguasa Taliban Afghanistan tidak berniat memenuhi janji mereka untuk menghormati hak-hak perempuan, di media atau di tempat lain,” kata koordinator program CPJ Asia Steven Butler.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)