Pentagon Ungkap Target Ukraina untuk Rudal Jarak Jauh ATACMS

Jum'at, 26 April 2024 - 15:01 WIB
loading...
Pentagon Ungkap Target Ukraina untuk Rudal Jarak Jauh ATACMS
Uji tembak langsung Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat di White Sands Missile Range di New Mexico pada 2021. Foto/us army/AP
A A A
WASHINGTON - Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat yang dipasok Amerika Serikat (AS), yang dikenal sebagai ATACMS, memungkinkan pasukan Ukraina menargetkan semenanjung Krimea Rusia “dengan lebih efektif”.

Kabar itu diungkap New York Times (NYT), mengutip para pejabat senior Pentagon.

Washington secara diam-diam mengirimkan ATACMS jarak jauh dalam jumlah yang tidak ditentukan kepada Kiev bulan lalu.

Meski demikian, para pejabat AS baru mengkonfirmasi awal pekan ini, setelah beberapa media mengklaim Kiev telah mulai menggunakan senjata tersebut terhadap sasaran-sasaran Rusia yang berada jauh di belakang garis depan.

“Tujuan memasok rudal jarak jauh ke Ukraina adalah untuk memberikan tekanan lebih besar terhadap Krimea, di mana, saat ini, Rusia memiliki tempat berlindung yang relatif aman,” tulis NYT pada Kamis (25/4/2024), mengutip seorang pejabat pertahanan AS yang tidak disebutkan namanya.

AS mengirimkan rudal ATACMS, yang diyakini memiliki jangkauan hingga 300 kilometer, ke Ukraina sebagai bagian dari paket senjata senilai USD300 juta yang disetujui Presiden Joe Biden pada pertengahan Maret.

Pada Rabu, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengkonfirmasi pengiriman tersebut, namun para pejabat AS menolak mengomentari modifikasi pasti dan jangkauan senjata tersebut.



Pada pagi hari tanggal 17 April, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pasukannya telah menyerang satu pangkalan udara di Dzhankoy, Krimea, setelah laporan media menuduh Kiev menggunakan rudal tersebut untuk pertama kalinya dalam serangan di lapangan terbang sekitar 165 kilometer (103 mil) dari garis depan Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia belum mengomentari klaim tersebut.

Ukraina pertama kali menerima ATACMS kelas menengah pada September lalu. Namun, militer Rusia dengan cepat mulai menembak jatuh mereka, menggagalkan rencana Zelensky merusak atau menghancurkan Jembatan Krimea.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)