Uzbekistan Amankan Puluhan Tentara Afghanistan yang Melarikan Diri

Minggu, 15 Agustus 2021 - 19:23 WIB
loading...
Uzbekistan Amankan Puluhan Tentara Afghanistan yang Melarikan Diri
Uzbekistan amankan puluhan tentara Afghanistan yang melarikan diri dari pertempuran dengan Taliban. Foto/REUTERS
A A A
TASHKENT - Uzbekistan amankan puluhan tentara Afghanistan yang melarikan diri dari pertempuran dengan Taliban. Uzbekistan juga menyatakan, sekelompok tentara lain telah berkumpul di dekat pos pemeriksaan perbatasan di sis i Afghanistan.

Kementerian Luar Negeri Uzbekistan menuturkan, 84 tentara Afghanistan tidak berusaha melawan ketika penjaga perbatasan Uzbekistan menahan mereka. Para tentara tersebut, jelas kementerian itu, malah mencari bantuan medis.

“Pemerintah Tashkent juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada sekelompok tentara Afghanistan yang telah berkumpul di sisi jembatan Termez-Khairaton Afghanistan,” kata kementerian itu, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (15/8/2021).

Jembatan Termez-Khairaton adalah salah satu jalur utama, yang menjadi jalur untuk mobil dan kereta api antara kedua negara.

“Uzbekistan sedang dalam pembicaraan dengan Kabul untuk mengembalikan pasukan ke rumah dan menyelesaikan situasi di jembatan,” ujar Kementerian Luar Negeri Uzbekistan.

Bulan lalu, tentara Afghanistan melintasi perbatasan ke Uzbekistan dan Tajikistan dengan cara yang ketika mereka mundur dari serangan Taliban.

Sementara itu, Taliban telah berhasil mengepung Kabul, yang tampaknya memaksa pemerintah Afghanistan untuk "menyerah".Penjabat Menteri Dalam Negeri Afghanistan, Abdul Sattar Mirzakwal sementara itu mengatakan Kabul tidak akan diserang dan transisi akan terjadi secara damai.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)