Biden: Tidak Ada Agenda Mengirim Pasukan AS ke Haiti

Jum'at, 16 Juli 2021 - 21:15 WIB
loading...
A A A
Beberapa orang Kolombia yang terlibat dilaporkan disewa oleh perusahaan keamanan yang berbasis di Florida, CTU, dan diterbangkan ke Republik Dominika tetangga beberapa hari sebelum Moise terbunuh.

Pengungkapan Pentagon datang hanya beberapa hari setelah Badan Anti Narkoba AS mengatakan bahwa salah satu tersangka pembunuhan sebelumnya bekerja sebagai "sumber rahasia" untuk agensi tersebut.



Seorang pejabat penegak hukum yang tidak disebutkan namanya kemudian mengatakan kepada Reuters bahwa tersangka yang dimaksud adalah salah satu dari Haiti-Amerika, tetapi menambahkan dia bukan informan aktif ketika Moise ditembak mati di rumahnya minggu lalu.

Selain penyebaran Marinir yang akan datang, Washington telah mengirim petugas FBI, Departemen Keamanan Dalam Negeri dan lembaga federal lainnya untuk membantu pihak berwenang Haiti dalam penyelidikan mereka. Sementara penyelidikan sedang berlangsung, seorang dokter keturunan Haiti yang berbasis di Florida ditangkap pada hari Minggu karena dicurigai mendalangi pembunuhan itu dengan rencana untuk menjadi presiden. Kepala keamanan di istana kepresidenan Haiti, Dimitri Herard, juga ditahan pada hari Kamis sebagai bagian dari penyelidikan, menurut seorang jaksa Haiti, meskipun tidak jelas dakwaan apa yang mungkin dia hadapi.



Pasukan Amerika telah dikirim ke Haiti pada beberapa kesempatan selama abad terakhir, dengan pengerahan terbaru terkait dengan bantuan bencana. Namun, pada tahun 1915, Marinir AS merebut ibukota Haiti dan terus menduduki negara itu selama hampir 20 tahun setelah massa yang marah menyeret Presiden Haiti Vilbrun Guillaume Sam dari Kedutaan Besar Prancis dan memukulinya sampai mati. Washington secara efektif menjalankan Haiti melalui junta militer selama misi, yang melihat dua pemberontakan signifikan yang dihancurkan oleh pasukan AS. Ribuan orang Haiti yang memberontak tewas dalam pemberontakan tersebut, sementara tuduhan eksekusi di luar proses hukum, kerja paksa dan penyiksaan tersebar luas.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)