Mengapa Hungaria Kirim Tentara ke Chad?

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:18 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Orban mengatakan intinya adalah menanggapi masalah pembangunan secara lokal, termasuk kemiskinan dan perawatan kesehatan yang tidak memadai, sebelum orang-orang terdorong untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa.

Chad adalah salah satu negara termiskin di Afrika. Empat puluh dua persen dari 20 juta penduduknya hidup dengan kurang dari USD2,15 per hari, menurut Program Pangan Dunia. Perdagangan yang terganggu dengan negara tetangganya yang dilanda perang, Sudan, telah menaikkan harga pangan, yang semakin menekan perekonomian.

Selain itu, negara itu telah menampung 1,2 juta orang yang melarikan diri dari konflik di Sudan dan Republik Afrika Tengah (CAR). Argumen Hongaria: Jika Chad tidak stabil, hal itu dapat membuka "pintu gerbang" orang-orang ke Eropa.

Bulan lalu, Presiden Chad Mahamat Idriss Deby Itno mendarat di bandara Budapest, mengenakan jilbab putih khasnya yang berkibar untuk kunjungan kenegaraan dua hari ke Hongaria. Di sana, Deby dan Orban menyelesaikan ketentuan paket kemanusiaan, yang menandai perjanjian pertolongan pertama Hongaria dengan negara Afrika.


3. Melatih Pasukan Chad

Orban juga mengumumkan 200 tentara Hongaria akan dikerahkan ke Chad untuk melatih pasukan lokal melawan kelompok bersenjata. Chad menghadapi berbagai ancaman dari kelompok yang ingin melengserkan Deby, mulai dari kelompok pemberontak CAR yang beroperasi di perbatasan selatan Chad hingga Boko Haram, yang para pejuangnya telah menetap di sepanjang Danau Chad yang berbatasan dengan Nigeria.

Tidak jelas kapan pasukan akan dikerahkan dan apakah mereka akan memainkan peran aktif atau pendukung. Majelis Nasional Chad harus menyetujui langkah tersebut, tetapi hal ini belum terjadi, dan tidak ada jadwal yang jelas kapan legislator akan melakukan pemungutan suara.

Di Majelis Nasional Hongaria, yang dikendalikan oleh koalisi penguasa Orban dari partai Fidesz dan Partai Rakyat Demokratik Kristen, legislator menyetujui perjanjian keamanan ketika pertama kali diajukan pada bulan November 2023 dengan suara 140-30.

Selain pengerahan militer, Hungaria mengatakan telah "memulai" transfer tambahan 14 juta euro (USD15 juta) dari kontribusinya ke Fasilitas Perdamaian Eropa (EPF) ke Chad.

EPF, yang dibentuk pada tahun 2021, memungkinkan anggota Uni Eropa untuk mengumpulkan kontribusi dan bersama-sama memberikan bantuan militer ke negara-negara mitra. Sebagian besar dana telah diberikan ke Ukraina meskipun Orban – sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin, yang sedang berperang di Ukraina – telah berulang kali menggagalkan upaya anggota UE lainnya untuk mengirim lebih banyak dana ke Kyiv.

Pada bulan September, Hungaria secara resmi meminta anggota UE lainnya untuk menyetujui menyerahkannya kepada Chad. Belum ada persetujuan eksplisit dari blok tersebut, tetapi saat itu, Orban mengatakan Hongaria mengharapkan anggota lain untuk ikut serta.

4. Merebut Pengaruh Geopolitik

Beberapa analis mengatakan Orban mungkin juga ingin bergabung dalam permainan kekuasaan yang sedang berlangsung di Afrika yang melibatkan kekuatan besar seperti Rusia, Tiongkok, Amerika Serikat, India, dan Uni Eropa yang berebut pengaruh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)