Presiden Serbia: Penangkapan Pendiri Telegram Durov Ungkap Barat yang Terbalik

Selasa, 27 Agustus 2024 - 15:30 WIB
loading...
Presiden Serbia: Penangkapan...
Presiden Serbia Aleksandar Vucic. Foto/telegram/durov
A A A
BELGRADE - Presiden Serbia Aleksandar Vucic menyatakan tuduhan terhadap Pendiri Telegram Pavel Durov di Prancis menunjukkan Barat telah mengabaikan nilai-nilai yang diperjuangkannya beberapa tahun lalu.

Pria Rusia berusia 39 tahun itu ditahan otoritas Prancis pada Sabtu, setelah tiba di Paris dari Azerbaijan dengan jet pribadi. Durov juga memiliki paspor Prancis, Uni Emirat Arab (UEA), dan St. Kitts dan Nevis.

Berbicara dalam siaran berita pada Senin malam, Vucic mengatakan kasus Durov "menarik" dan membandingkannya dengan penganiayaan terhadap Pendiri WikiLeaks Julian Assange dan pembocor Edward Snowden.

"Kembali pada tahun 2018, ketika Rusia memberikan sedikit tekanan hukum kepadanya, sekitar 26 kelompok dari Barat menandatangani petisi kepada negara Rusia untuk berhenti melanggar kebebasannya. Maju cepat lima atau enam tahun, dan sangat normal (bagi mereka) untuk menangkapnya dan ingin menutup Telegram di Barat," ujar Vucic.

Dia menjelaskan, “Semuanya menjadi kacau balau, realitas itu sendiri telah diubah agar sesuai dengan kepentingan mereka.”

Prancis pada Senin mengungkapkan daftar panjang tuduhan awal terhadap Durov, menuduh maestro Telegram itu “memfasilitasi” dugaan aktivitas ilegal di platformnya, mulai dari perdagangan narkoba dan pencucian uang hingga pornografi anak, dengan menolak bekerja sama dengan para penyidik Prancis yang mengejar pihak ketiga yang tidak disebutkan namanya.

Presiden Emmanuel Macron telah membela penangkapan tersebut, bersikeras tuduhan terhadap Durov “sama sekali bukan keputusan politik.”

Pemilik X Elon Musk, jurnalis Amerika Serikat (AS) Tucker Carlson, dan investor Silicon Valley David Sacks mengecam penangkapan Durov sebagai serangan terhadap kebebasan berbicara.

Snowden, whistleblower yang mengungkapkan sejauh mana NSA memata-matai orang Amerika dan pemimpin asing pada tahun 2012, menuduh Prancis menyandera Durov untuk mengakses komunikasi pribadi di Telegram.

Vucic mengemukakan situasi Durov dalam konteks AS dan Uni Eropa yang mengkritik Serbia karena diduga menganiaya oposisi politik.

Menurut presiden Serbia, Uni Eropa secara rutin memukuli dan menangkap ratusan pengunjuk rasa, sementara Belgrade jauh lebih toleran terhadap kerusuhan.

"Semuanya terbalik!" tegas Vucic. "Ketika Anda mengizinkan kebebasan terbesar, Anda adalah seorang diktator. Semakin sedikit kebebasan yang ada, semakin banyak mereka membicarakannya."

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)