WHO Evakuasi 97 Pasien dari Gaza, Operasi Terbesar sejak Genosida Israel

Jum'at, 13 September 2024 - 00:01 WIB
loading...
WHO Evakuasi 97 Pasien...
97 pasien sakit dan luka parah serta 155 pendamping dari Gaza diangkut melalui Kerem Shalom ke Bandara Ramon di Israel untuk melanjutkan perjalanan ke Abu Dhabi guna mendapatkan perawatan khusus pada 10 September 2024. Foto/@DrTedros/X
A A A
JALUR GAZA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hari ini (12/9/2024) telah mengevakuasi 97 orang termasuk puluhan anak-anak dari Gaza ke Uni Emirat Arab (UEA).

WHO menyerukan agar pemindahan medis rutin dari daerah kantong itu diizinkan untuk dilanjutkan, Reuters melaporkan.

"Ini adalah evakuasi terbesar dari Gaza sejak Oktober 2023," ungkap Richard Peeperkorn, Perwakilan WHO untuk wilayah Palestina yang diduduki mengatakan kepada wartawan, mengacu pada operasi yang berlangsung tadi malam.

"Gaza membutuhkan koridor medis. Kami membutuhkan sistem yang lebih terorganisir dan berkelanjutan," ujar dia, seraya menambahkan lebih dari 10.000 warga Gaza sedang menunggu pemindahan.

"WHO, bekerja sama dengan @mofauae dan mitra, hari ini mengevakuasi 97 pasien yang sakit dan terluka parah serta 155 pendamping dari #Gaza dalam evakuasi medis terbesar sejak Oktober 2023," ungkap pernyataan WHO dalam tweet.

Pasien termasuk 45 anak-anak dan 52 orang dewasa dengan berbagai macam penyakit, termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, kelainan bawaan, penyakit darah dan hati, serta trauma/cedera.

“Misi khusus ke utara dilakukan untuk memastikan 8 pasien dan 12 pendamping dipindahkan dari Kota Gaza ke Rumah Sakit Eropa di Gaza tepat pada waktunya untuk evakuasi,” papar WHO.

Ditekankan, “Pada akhirnya, perawatan terbaik untuk semua pasien adalah gencatan senjata.”

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)