Diplomat Palestina Bandingkan Pemboman Hiroshima dan Genosida Israel di Gaza

Rabu, 07 Agustus 2024 - 10:32 WIB
loading...
Diplomat Palestina Bandingkan...
Warga Palestina memeriksa rumah-rumah yang rusak setelah serangan udara Israel di sebelah barat kota Deir Al Balah, Jalur Gaza, 6 Agustus 2024. Foto/EPA-EFE/MOHAMMED SABER
A A A
HIROSHIMA - Diplomat utama Palestina di Jepang membandingkan "kengerian yang tak terlukiskan" dari pemboman nuklir Hiroshima dengan serangan di Jalur Gaza selama "Upacara Perdamaian Alternatif" di Jepang.

Pemerintah daerah di Hiroshima menjamu para diplomat asing, termasuk dari Israel, untuk memperingati pemboman Amerika Serikat (AS) di Jepang.

Namun, Waleed Siam dari Palestina tidak diundang oleh pemerintah daerah Hiroshima yang menentang tuntutan publik untuk tidak mengundang pejabat dari Israel yang terlibat dalam serangan yang menghancurkan terhadap Gaza.

AS menjatuhkan bom nuklir di Hiroshima, lokasi bom atom pertama di dunia, pada 6 Agustus 1945, dan kemudian Nagasaki pada 9 Agustus, yang mengakibatkan 140.000 kematian pada akhir tahun itu.

Jepang memperingati ulang tahun ke-79 kekejaman tersebut tahun ini dan para peserta acara perdamaian di Hiroshima mengheningkan cipta pada pukul 8.15 pagi (2315GMT), saat AS menjatuhkan bom nuklir pertama pada tahun 1945.

“Sebagai seorang Palestina yang menanggung kenyataan brutal di Gaza, saya berdiri di hadapan Anda dengan amarah yang membara dan tuntutan tanpa henti untuk pembebasan dan kebebasan,” tegas Siam dalam pidato virtual di acara yang diselenggarakan oleh para relawan.

Jepang tidak mengakui Negara Palestina, tetapi menjadi tuan rumah Misi Umum Palestina di Tokyo.

“Keberadaan kami dirusak oleh cengkeraman penindasan Israel yang mencekik, dan penderitaan yang kami hadapi adalah akibat langsung dari penindasan yang kejam selama puluhan tahun,” ujar Siam kepada para aktivis perdamaian yang berkumpul di Hiroshima.

Namun, dia mengatakan rakyatnya “tidak akan meninggalkan” Gaza.

“Kami tangguh, ini tanah kami dan tidak ada kekuatan yang dapat memaksa kami keluar dari tanah kami. Kami akan melawan untuk mengakhiri Pendudukan militer yang buruk ini,” tegas dia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)