Profil Ilan Pappe, Sejarawan Israel yang Prediksi Zionis Runtuh Sebentar Lagi

Senin, 09 September 2024 - 20:55 WIB
loading...
Profil Ilan Pappe, Sejarawan...
Ilan Pappe, sejarawan Israel yang memprediksi zionis akan runtuh sebentar lagi. Foto/AP
A A A
GAZA - Sejarawan Israel Ilan Pappé menyoroti bukti yang menunjukkan "awal dari berakhirnya proyek Zionis," dengan menggarisbawahi bahwa "Gerakan Pembebasan Nasional Palestina harus siap untuk mengisi kekosongan setelah runtuhnya proyek ini."

Pappe menyatakan bahwa awal dari kehancuran Zionisme adalah era yang panjang dan berbahaya. Meskipun ia mengakui bahwa "kita tidak dapat memperdebatkan masa depan yang dekat, kita harus mempersiapkan diri untuk masa depan yang jauh." Pappé menyatakan optimisme bahwa "kita sedang menyaksikan tahap awal dari berakhirnya proyek Zionis, dan kita harus secara aktif berkontribusi untuk memperpendek periode ini," dilansir Al-Ghad.

Profil Ilan Pappe, Sejarawan Israel yang Prediksi Israel Runtuh Sebentar Lagi

1. Memiliki Sikap yang Kritis terhadap Pemerintah Israel

Antara tahun 1984 dan 2006, ia menjadi dosen senior di Departemen Sejarah Timur Tengah dan Departemen Ilmu Politik Universitas Haifa, sementara dari tahun 1992 hingga 2000 ia menjadi pendiri dan direktur Institut Akademik untuk Perdamaian di Givat Haviva dan antara tahun 2000 hingga 2006 ia menjadi presiden Institut Emil Tuma untuk Studi Palestina di Haifa.

Karena posisinya yang sangat kritis terhadap pemerintah Israel dan hubungannya dengan Palestina, pada tahun 2007 ia memilih untuk meninggalkan negaranya secara definitif untuk mengasingkan diri di Inggris, dan saat ini mengajar sejarah di departemen Studi Arab-Islam di Universitas Exeter.


2. Dikenal Anggota Hadash, Koalisi Sayap Kiri di Israel

Selain karier universitasnya, ia juga merupakan anggota terkemuka Hadash, koalisi sayap kiri bersejarah dalam politik Israel, juga menjadi kandidat dalam pemilihan umum tahun 1996 dan 1999.

Saat ini, ia dianggap sebagai salah satu perwakilan utama “Sejarawan Israel Baru”, generasi baru sarjana yang telah secara mendalam mengubah cara kita memandang Israel dan hubungannya dengan dunia Arab.

3. Pernah Ditangkap FBI karena Mendukung Hamas

Sejarawan Israel Profesor Ilan Pappe menyatakan bahwa ia diinterogasi oleh FBI selama dua jam di Bandara Metropolitan Detroit di AS atas tuduhan sebagai "pendukung Hamas," pada Mei 2024.

Pappe menulis tentang pengalamannya di profil Facebook-nya dengan mengatakan bahwa ia diinterogasi selama dua jam oleh dua agen FBI, yang mana teleponnya disita.

"Kedua pria itu tidak kasar atau tidak sopan, harus saya katakan, tetapi pertanyaan mereka benar-benar tidak masuk akal! Apakah saya pendukung Hamas? Apakah saya menganggap tindakan Israel di Gaza sebagai genosida? Apa solusi untuk "konflik" ini (serius, ini yang mereka tanyakan!)," kata Pappe.

Ia menambahkan bahwa FBI menanyakan tentang teman-teman Arab dan Muslimnya di AS dan sifat hubungannya dengan mereka. Para agen juga menghabiskan banyak waktu di telepon dengan orang-orang yang Pappe duga adalah pejabat Israel.

Pappe menyebutkan bahwa ia diizinkan pergi setelah semua informasi di teleponnya disalin.

"Kabar baiknya adalah - tindakan seperti ini oleh AS atau negara-negara Eropa yang dilakukan di bawah tekanan dari lobi pro-Israel atau Israel sendiri berbau kepanikan dan keputusasaan belaka sebagai reaksi terhadap Israel yang akan segera menjadi negara paria dengan semua implikasi dari status tersebut," tambahnya.

4. Menyebut Perang Gaza sebagai Akhir Proyek Zionis

Pada tanggal 8 Maret, Profesor Ilan Pappe telah menghadiri di Komisi Hak Asasi Manusia Islam, yang berpusat di Inggris, bahwa serangan Israel terhadap Gaza dapat mewakili "momen tergelap dalam sejarah Palestina," menambahkan: "Apa yang terjadi akan dikenang sebagai awal dari berakhirnya proyek Zionis."

5. Beberkan 5 Indikasi Kehancuran Zionis

Melansir Jordan News, Pappé percaya bahwa indikator pertama terletak pada "perang saudara Yahudi yang terjadi sebelum 7 Oktober 2023. Perang ini mengadu kubu sekuler melawan kubu agama dalam komunitas Yahudi di Israel." Ia percaya perang akan terjadi lagi karena dasar yang sebelumnya menyatukan Zionis tampaknya tidak lagi layak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)