Mr Flag Man Sudah Setahun Meninggal, tapi Belum Dikuburkan, Mengapa?

Senin, 09 September 2024 - 23:55 WIB
loading...
Mr Flag Man Sudah Setahun...
Taiwo Michael Akinkunmi dikenal sebagai Mr Flag Man yang butuh waktu setahun untuk dikuburkan. Foto/AP
A A A
JAKARTA - Keluarga pria yang merancang bendera nasional Nigeria telah memberi tahu BBC bahwa mereka telah menyerah menunggu pemakaman kenegaraan yang dijanjikan, setahun setelah ia meninggal.

Sebaliknya Taiwo Michael Akinkunmi, yang meninggal setahun lalu pada usia 87 tahun, akan dimakamkan minggu ini di negara bagian Oyo, tempat tinggalnya.

Akinkunmi, yang dikenal oleh banyak orang sebagai “Mr Flag Man” dan rumahnya dicat dengan warna hijau dan putih khas bendera nasional, adalah pria yang rendah hati.

Namun putranya berharap bahwa selama pemakamannya, yang telah disetujui untuk didanai oleh negara bagian Oyo, ia akan dikenang karena desain yang menjadi simbol Nigeria yang bersatu.

"Kita harus memberinya pemakaman yang pantas," kata putranya, Akinwumi Akinkunmi, kepada podcast BBC Focus on Africa.

Mr Flag Man Sudah Setahun Meninggal, tapi Belum Dikuburkan, Mengapa?

1. Perancang Bendera Nigeria

Melansir BBC, Taiwo Akinkunmi selalu mengatakan bahwa dia adalah perancang bendera yang tidak biasa. Dia mengikuti kompetisi untuk desain baru menjelang kemerdekaan Nigeria dari Inggris pada bulan Oktober 1960.

Saat itu, dia sedang belajar teknik elektro di London dan melihat iklan surat kabar tentang kompetisi tersebut.

Menurut pakar bendera Whitney Smith, 3.000 desain diajukan - "banyak yang sangat rumit".

Namun, desain Akinkunmi sederhana, dengan garis-garis vertikal hijau-putih-hijau yang sama - dan menggantikan bendera kolonial yang menyertakan bendera Inggris dan bintang hijau berujung enam di bawah cakram merah.

Desain asli Akinkunmi menyertakan matahari merah yang dikelilingi sinar di bagian tengahnya. Ini dimaksudkan sebagai "simbol perlindungan dan bimbingan ilahi", tulis Tn. Smith dalam Encyclopaedia Britannica.

Namun, matahari dihilangkan oleh panitia, yang menghadiahkan ÂŁ100 (saat itu bernilai $280) kepada pemuda berusia 23 tahun itu untuk desainnya yang menang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)