Gawat, Pesawat Nirawak Militer Rusia Jatuh di Negara NATO

Senin, 09 September 2024 - 07:12 WIB
loading...
Gawat, Pesawat Nirawak...
Pesawat nirawak militer Rusia jatuh di wilayah Latvia, salah satu dari negara NATO. Foto/via Bloomberg
A A A
RIGA - Pemerintah Latvia, salah satu negara NATO, mengumumkan sebuah pesawat nirawak militer Rusia telah jatuh di wilayahnya.

Insiden ini berbahaya karena bisa dianggap sebagai serangan Moskow dan terhadap aliansi tersebut.

Latvia merupakan negara Baltik yang pernah diperintah oleh Uni Soviet, tetapi sekarang menjadi anggota Uni Eropa dan NATO.

Negara tersebut memiliki hubungan yang tegang dengan Rusia setelah merdeka, dan hubungan semakin memburuk sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022.



"Pesawat nirawak militer Rusia jatuh di bagian timur Latvia kemarin (Sabtu). Ada penyelidikan yang sedang berlangsung," kata Presiden Latvia Edgars Rinkevics di X, yang dikutip dari AFP, Senin (9/9/2024).

"Kami berhubungan erat dengan sekutu kami. Jumlah insiden semacam itu meningkat di sepanjang sisi timur NATO dan kami harus mengatasinya secara kolektif," ujarnya.

Kementerian Pertahanan Latvia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat nirawak militer itu terbang ke wilayah udara negara tersebut dari Belarus dan jatuh di kota Rezekne.

"Situasi ini merupakan konfirmasi bahwa kami perlu melanjutkan pekerjaan yang telah kami mulai untuk memperkuat perbatasan timur Latvia, termasuk pengembangan kemampuan pertahanan udara dan kemampuan peperangan elektronik untuk membatasi aktivitas UAV dengan berbagai aplikasi," kata Menteri Pertahanan Andris Spruds.

Negara anggota NATO lainnya, Rumania, juga pada hari Minggu mengatakan bahwa pesawat nirawak Rusia yang menyerang infrastruktur sipil di negara tetangga; Ukraina, pada malam hari telah memasuki wilayah udaranya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)