Carut Marut Bangladesh, Ini Pemimpin yang Didukung AS Menggantikan Sheikh Hasina

Rabu, 07 Agustus 2024 - 07:10 WIB
loading...
Carut Marut Bangladesh,...
Pemenang Nobel dan Kepala Arsitek Grameen Bank Bangladesh Muhammad Yunus (kiri) didampingi Anggota Dewan Mobilitas dan Transportasi Chiara Foglietta dalam acara Kota bisnis sosial Verso Torino di Sermig Arsenale della Pace di Turin, Italia, 11 Juni 2023.
A A A
DHAKA - Media Bangladesh melaporkan pada Selasa (6/8/2024) bahwa ekonom "pemenang Hadiah Nobel" Muhammad Yunus telah ditunjuk sebagai pemimpin transisi Bangladesh setelah protes massal yang memaksa Perdana Menteri Sheikh Hasina mengundurkan diri dan melarikan diri.

Penyelenggara protes mahasiswa telah menggulingkan mantan Perdana Menteri Sheikh Hasina dan menyerbu kediamannya pada Senin karena negara tersebut telah jatuh di bawah kendali militer.

Hasina telah menjadi perdana menteri wanita yang menjabat paling lama di dunia, berkuasa dari tahun 2009 hingga sekarang dan sebelumnya dari tahun 1996 hingga 2001.

Menurut media Inggris, masa jabatan Hasina menunjukkan keberhasilan dalam memberikan pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, tetapi para kritikus mengklaim orang kaya mendapat manfaat yang tidak proporsional.

Hasina melarikan diri dari Dhaka ke India dan dilaporkan akan mencari suaka di luar negeri.

KJ Noh, sarjana, jurnalis, dan analis yang mengkhususkan diri dalam geopolitik Asia-Pasifik, bergabung dengan Political Misfits dari Sputnik pada Selasa untuk membahas kenaikan mendadak Yunus ke tampuk kekuasaan.

“Saya (tidak menganggapnya) kredibel bahwa sekelompok mahasiswa dapat menjatuhkan pemerintahan dalam waktu yang begitu singkat. Kita tahu bahwa NED telah menggelontorkan jutaan dolar untuk kelompok-kelompok LSM di Bangladesh, USD4 juta pada tahun 2021 saja,” Noh menjelaskan. “Itu sendiri perlu, tetapi tidak cukup.”

Noh menambahkan AS telah menyuarakan pendapatnya secara terbuka mengenai sistem politik di Bangladesh.

Pada awal Januari tahun ini, AS mengatakan pemilihan umum Bangladesh “tidak bebas atau adil” setelah Hasina memenangkan masa jabatan kelimanya.

“Yunus (tidak) pernah meraih keberhasilan elektoral atau benar-benar memiliki pengalaman sebagai pemimpin politik. Dia pada dasarnya hanyalah seorang bankir, ekonom, dan profesor. Jadi seruan agar dia memimpin pemerintahan sementara sudah sangat mencurigakan, tetapi hal itu mulai berubah ketika Anda menyadari bahwa Yunus adalah favorit AS,” ujar Noh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)