Perbandingan Gaya Kepemimpinan Joe Biden dan Donald Trump

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:45 WIB
loading...
Perbandingan Gaya Kepemimpinan...
Buku komik dengan Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden AS Donald Trump dipamerkan selama Comic-Con International di San Diego, California, AS, 26 Juli 2024. Foto/EPA-EFE/ALLISON DINNER
A A A
WASHINGTON - Membandingkan gaya kepemimpinan Donald Trump dengan kepemimpinan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menawarkan wawasan menarik jika dilihat dari sudut pandang salah satu pendidik bisnis top Australia.

Suka atau tidak, bahkan gaya kepemimpinan otoriter dan terkadang narsis dari Trump memiliki beberapa nilai potensial, meskipun para pemimpin bisnis yang sukses perlu lebih sering mengandalkan pengaruh, koneksi, dan keterlibatan orang lain.

Gaya otoriter atau direktif dapat berguna untuk memfokuskan perhatian dan sumber daya, serta memperbaiki keadaan secepat mungkin dalam krisis ekstrem.

Namun, gaya ini hanya berhasil dalam jangka pendek. Dengan tantangan yang kompleks dan masalah yang pelik, respons yang tepat bukanlah respons "perintah" yang kaku seperti yang disukai Trump, tetapi respons dengan gaya kepemimpinan yang lebih relasional, seperti Biden.

Richard Hall, Wakil Dekan Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif di Monash Business School, mengatakan, ini tentang mengadopsi pola pikir yang tepat dalam situasi yang tepat.

Profesor Hall melihat perbedaan utama antara kedua gaya tersebut sebagai "transaksional versus transformasional".

Yang pertama didasarkan pada pertukaran di mana "yang setia" diberi penghargaan dan menggunakan kekuasaan untuk menyebarkan rasa takut dan perpecahan. Yang kedua menawarkan empati dan harapan.

"Dengan Biden, semuanya tentang orang-orang dan prosesnya," ujar Profesor Hall. "Dengan Trump, semuanya tentang 'kesepakatan' di mana hanya ada pemenang dan pecundang. Trump sangat berpusat pada pemimpin, tidak kenal kompromi, dan berorientasi pada diri sendiri. Ada sedikit narsisme di sana.”

"Itu pendekatan yang sangat berbeda dari Biden. Itu diilustrasikan dalam pidato pelantikannya ketika dia berkata: 'Mari kita mulai mendengarkan satu sama lain lagi, mendengar satu sama lain, melihat satu sama lain, menunjukkan rasa hormat satu sama lain'," papar dia.

Profesor Hall juga melihat pelajaran dalam kapasitas Trump untuk membaca frustrasi dan ketidakpuasan sejumlah besar orang Amerika yang belum melihat manfaat globalisasi dan pertumbuhan ekonomi, dan keinginan mereka untuk sesuatu yang sangat berbeda.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)