Mengapa Penculikan Massal Masih Melanda Nigeria?

Kamis, 04 April 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Para ahli mengatakan bahwa permasalahan yang kompleks dan berlapis-lapis merupakan inti dari krisis ketidakamanan yang semakin memburuk. Hal ini mencakup faktor sosial ekonomi, korupsi dan kurangnya keterpaduan dalam struktur keamanan – dimana tidak ada respon yang cepat terhadap serangan dan tidak efektifnya kolaborasi antara polisi dan militer.

Selama satu dekade terakhir, situasi ekonomi Nigeria semakin merosot seiring negara tersebut bergulat dengan inflasi yang tinggi, meningkatnya pengangguran kaum muda, dan hilangnya penilaian mata uang. Nasib masyarakat hampir tidak membaik, dan 63 persen masyarakat berada dalam kemiskinan multidimensi. Para ahli mengatakan hal ini telah mendorong banyak orang melakukan kriminalitas.

“Kesulitan ekonomi selama periode ini semakin meningkat dan kebijakan yang berbeda mendorong dimensi yang berbeda. Akibatnya, penculikan dipandang sebagai upaya yang layak dan menguntungkan,” kata Afolabi Adekaiyaoja, seorang analis riset di Pusat Demokrasi dan Pembangunan yang berbasis di Abuja.

Arsitektur keamanan di Nigeria juga tersentralisasi, dengan wewenang terkonsentrasi di tangan pemerintah federal dan tidak ada kepolisian negara bagian atau regional yang independen dari hal tersebut. Para ahli mengatakan hal ini telah menghambat kemudahan agen keamanan dalam beroperasi. Hal ini juga menimbulkan seruan untuk menerapkan kebijakan negara, terutama di tengah kritik bahwa badan-badan keamanan tidak bekerja sama secara efektif.

Di tingkat militer, tentara mengeluhkan rendahnya gaji dan senjata di bawah standar. Militer Nigeria telah dirundung tuduhan korupsi, sabotase, diam-diam dan kebrutalan di masa lalu, dan hal ini telah merusak hubungan dengan masyarakat dan sumber-sumber intelijen potensial.

“Ketidakmampuan ini bukan disebabkan oleh militer saja – ada kegagalan lintas pemerintah dalam respons keamanan,” kata Adekaiyaoja kepada Al Jazeera.

“Perlu ada sinergi yang lebih kuat dalam dukungan masyarakat dalam mengamankan fasilitas dan juga meningkatkan intelijen yang diperlukan… Harus ada fokus baru pada reformasi kepolisian yang perlu dan sudah terlambat serta sinergi yang lebih kuat antara badan intelijen dan keamanan.”

Ketidakamanan di Nigeria melanda keenam zona geopolitik negara tersebut, dan masing-masing zona menghadapi satu atau lebih hal berikut: pejuang bersenjata, bentrokan antara petani dan penggembala, bandit atau pria bersenjata tak dikenal, separatis Masyarakat Adat Biafra (IPOB), bunker minyak, dan pembajakan. Hal ini membuat angkatan bersenjata sibuk.

“Pasukan keamanan kami tersebar dalam jumlah kecil. Kami memiliki enam zona geopolitik di Nigeria dan ada sesuatu yang selalu terjadi,” kata Ayandele dari ACLED.

5. Rawan Pemerkosaan dan Kawin Paksa

Mengapa Penculikan Massal Masih Melanda Nigeria?

Foto/Reuters

Korban penculikan yang telah dibebaskan melaporkan kondisi yang mengerikan saat berada di penangkaran. Mereka sering kali diancam akan dibunuh dan jarang diberi makan karena mereka harus menjalani kondisi kehidupan yang tidak higienis dan tidak menyenangkan, termasuk tidur di alam terbuka dan berjalan jauh ke dalam hutan tempat mereka dipelihara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2040 seconds (0.1#10.140)