Mengapa Penculikan Massal Masih Melanda Nigeria?

Kamis, 04 April 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Sejak tahun 2019, terdapat 735 penculikan massal di Nigeria, menurut perusahaan konsultan risiko sosial-politik, SBM Intelligence. Dikatakan antara Juli 2022 dan Juni 2023, 3.620 orang diculik dalam 582 kasus penculikan dengan sekitar 5 miliar naira ($3.878.390) dibayarkan sebagai uang tebusan.

Tahun ini saja SBM Intelligence menyebutkan sudah terjadi 68 penculikan massal.

3. Memiliki Motif Ekonomi

Mengapa Penculikan Massal Masih Melanda Nigeria?

Foto/Reuters

Penculikan tidak hanya terjadi di wilayah utara, dimana bandit dan kelompok agama bersenjata sering terjadi, namun juga terjadi di wilayah selatan dan tenggara. Bahkan Abuja, wilayah ibu kota Nigeria, juga tidak luput dari perhatian, dan di Emure Ekiti, wilayah barat daya yang relatif damai, lima siswa, tiga guru, dan seorang sopir diculik pada tanggal 29 Januari.

Akar penyanderaan di Nigeria dapat ditelusuri kembali ke tahun 1990an di Delta Niger, tempat negara ini memperoleh sebagian besar minyaknya; pada saat itu, kelompok-kelompok bersenjata mulai menculik para eksekutif perusahaan minyak asing sebagai cara untuk menekan pemerintah agar mengatasi kekhawatiran mereka mengenai polusi minyak di komunitas mereka.

Namun belakangan ini, penyanderaan telah menjadi industri yang berkembang pesat, kata Olajumoke (Jumo) Ayandele, penasihat senior Nigeria di Lokasi Konflik Bersenjata dan Data Peristiwa Proyek (ACLED). Para pelaku kejahatan kini sebagian besar menyasar kelompok rentan yang diklasifikasikan secara sosial seperti anak-anak dan perempuan, katanya, untuk menimbulkan kemarahan publik dan mendesak tuntutan mereka untuk pembayaran uang tebusan atau pembebasan anggota geng mereka yang ditangkap.

Ketika uang tebusan diminta, pembayarannya diharapkan dilakukan oleh keluarga korban, atau dalam beberapa kasus, pemerintah – dan penundaan atau tidak membayar terkadang bisa berakibat fatal. Salah satu dari lima saudara perempuan yang diculik di Abuja pada bulan Januari dibunuh secara brutal setelah batas waktu uang tebusan terlewati, sehingga memicu kemarahan nasional.

“Kelompok-kelompok yang telah menggunakan strategi ini mampu mendapatkan perhatian lokal dan internasional untuk benar-benar menunjukkan kekuatan mereka dan memperkuat apa yang mereka inginkan kepada otoritas negara,” kata Ayandele kepada Al Jazeera.

Meskipun pemerintah Nigeria mengatakan pihaknya tidak melakukan negosiasi dengan teroris dalam menangani krisis keamanan yang semakin meningkat, para ahli mengatakan hal tersebut mungkin tidak benar.

“Kami telah mendengar dan melihat beberapa pemerintah negara bagian bernegosiasi dengan beberapa kelompok ini dan beberapa bandit ini,” kata Ayandele. Dalam banyak kasus, hal ini hanya menambah keberanian para penjahat.


4. Aparat Keamanan Tidak Bekerja Maksimal

Mengapa Penculikan Massal Masih Melanda Nigeria?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)