Termakan Hasutan Israel, 9 Negara Ini Stop Danai UNRWA

Minggu, 28 Januari 2024 - 12:15 WIB
loading...
A A A
“Dalam pembangunan kembali Gaza, @UNRWA harus diganti dengan lembaga-lembaga yang berdedikasi pada perdamaian dan pembangunan sejati,” tulis dia di X.

Wakil juru bicara PBB Farhan Haq, ketika ditanya tentang pernyataan Katz, mengatakan: "Kami tidak menanggapi retorika. UNRWA secara keseluruhan memiliki catatan yang kuat, yang telah berulang kali kami tekankan."

Lazzarini mengatakan keputusan sembilan negara tersebut mengancam kerja kemanusiaan UNRWA di seluruh wilayah, terutama di Gaza.

“Sangat mengejutkan melihat penangguhan dana untuk badan tersebut sebagai reaksi terhadap tuduhan terhadap sekelompok kecil staf, terutama mengingat tindakan segera yang diambil UNRWA dengan mengakhiri kontrak mereka dan meminta penyelidikan independen yang transparan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengkritik apa yang digambarkannya sebagai kampanye Israel melawan UNRWA.

Sedangkan Hamas mengutuk pemutusan kontrak beberapa karyawan UNRWA. "[Hanya] berdasarkan informasi yang diperoleh dari Zionis," kata kelompok tersebut.

UNRWA didirikan untuk membantu pengungsi perang tahun 1948 saat berdirinya Israel dan memberikan layanan pendidikan, kesehatan dan bantuan kepada warga Palestina di Gaza, Tepi Barat, Yordania, Suriah, dan Lebanon.

Badan bantuan tersebut membantu sekitar dua pertiga dari 2,3 juta penduduk Gaza dan telah memainkan peran bantuan yang sangat penting selama perang yang dilancarkan Israel untuk melenyapkan Hamas setelah serangan 7 Oktober.

Saat mengumumkan penyelidikan terkait tuduhan Israel, Lazzarini mengatakan bahwa dia telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak beberapa anggota staf untuk melindungi kemampuan badan tersebut dalam memberikan bantuan kemanusiaan.

Lazzarini tidak mengungkapkan jumlah karyawan yang dituduh Israel terlibat dalam serangan Hamas pada 7 Oktober, maupun sifat keterlibatan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)