Gaza Miskin, Ini Sumber Uang Hamas untuk Danai Ribuan Pasukan Melawan Israel

Kamis, 26 Oktober 2023 - 09:59 WIB
loading...
A A A

Tindakan Barat


Selama dua dekade terakhir, pemerintah negara-negara Barat cenderung lebih fokus pada pemotongan keuangan organisasi Islam lainnya, sementara Hamas mendapat prioritas yang lebih rendah, kata mantan pejabat AS Gerald Feierstein, yang bekerja di biro kontraterorisme Departemen Luar Negeri AS dari tahun 2006 hingga 2008.

Dia mengatakan Hamas tidak dianggap sebagai ancaman langsung terhadap AS.

“Dari perspektif kontraterorisme, masyarakat tidak terlalu fokus pada Hamas,” kata Feierstein, yang kini bekerja di lembaga think tank Middle East Institute di Washington.

“Pada saat itu, fokusnya sebenarnya pada AQ,” katanya, mengacu pada al-Qaeda.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Barat telah mengganggu beberapa sumber pendanaan Hamas.

Pada bulan Agustus 2020, pihak berwenang AS menyita jutaan dolar dan lebih dari 300 aset mata uang kripto yang terkait dengan beberapa kelompok, termasuk Hamas, sebagai bagian dari serangkaian tindakan terkait terorisme.

Sanksi terbaru Departemen Keuangan yang menargetkan operasi Hamas mencakup pertukaran mata uang virtual yang berbasis di Gaza; Buy Cash Money and Money Transfer Company, dan operatornya yang digunakan untuk mengumpulkan sumbangan dalam jumlah kecil.

Pada tahun 2021, Israel menyita beberapa dompet mata uang kripto, termasuk Buy Cash, yang diyakini dikendalikan oleh Hamas.

Pada saat itu, Elliptic, sebuah perusahaan analisis riset memperkirakan dompet tersebut telah menerima lebih dari USD7.7 juta dalam bentuk kripto.

Pada tahun yang sama, pemerintah Jerman melarang jaringan organisasi amal Ansaar International e.V., yang telah mengumpulkan sumbangan untuk berbagai organisasi, termasuk Hamas, dan termasuk aset real estate.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0793 seconds (0.1#10.140)