Gaza Miskin, Ini Sumber Uang Hamas untuk Danai Ribuan Pasukan Melawan Israel

Kamis, 26 Oktober 2023 - 09:59 WIB
loading...
Gaza Miskin, Ini Sumber Uang Hamas untuk Danai Ribuan Pasukan Melawan Israel
Mayoritas penduduk Gaza, Palestina, hidup miskin. Namun Hamas bisa mendanai ribuan pasukannya untuk melawan Israel. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Data PBB menyebutkan Gaza, Palestina, merupakan wilayah miskin dengan tingkat pengangguran 47% dan lebih dari 80% penduduknya hidup dalam kemiskinan.

Namun kelompok Hamas, yang berkuasa di Gaza, telah mendanai ribuan pasukan bersenjata yang dilengkapi dengan roket dan drone dan membangun jaringan terowongan yang luas di bawah tanah Gaza. Semua itu untuk melawan Israel.

Menurut sumber Israel dan Palestina, perkiraan anggaran militer tahunan Hamas berkisar antara USD100 juta hingga USD350 juta.

Ketika DPR dan Senat Amerika Serikat (AS) akan menanyakan hal tersebut dalam sidang terpisah pada hari Rabu dan Kamis (26/10/2023), dari mana semua uang tunai tersebut berasal?

Sejak berkuasa di Jalur Gaza 17 tahun lalu, Hamas telah memenuhi kasnya dengan ratusan juta bantuan internasional, suntikan uang tunai baik secara terbuka maupun rahasia dari Iran dan mitra ideologis lainnya, serta mata uang kripto, pajak, pemerasan, dan penyelundupan.



Penjelasan itu dipaparkan para mantan pejabat dan pejabat AS saat ini serta pakar-pakar regional.

Sebagian besar dana tersebut bersifat publik dan legal, termasuk sejumlah besar bantuan keuangan dari Qatar melalui PBB, sebuah pengaturan yang didorong dan disetujui oleh Israel.

Bantuan Qatar mencakup gaji pegawai negeri di Gaza, membeli bahan bakar untuk jaringan listrik dan memberikan uang tunai kepada keluarga yang membutuhkan.

Beberapa di antaranya kurang legal, menurut para pakar. Selain memungut pajak atas bisnis dan penduduk Gaza, Hamas juga mengenakan pungutan tidak resmi atas barang-barang selundupan dan aktivitas lainnya, yang menghasilkan pendapatan gabungan hingga USD450 juta per tahun.

Hamas juga memiliki real estate dan investasi lain di seluruh dunia, meskipun ada pembatasan internasional, dan menggunakan mata uang kripto untuk menutupi beberapa transaksinya.

Beberapa di antaranya mungkin sepenuhnya ilegal. Sebagian kecil anggarannya tampaknya berasal dari penyelundupan di Amerika Selatan, termasuk penyelundupan narkoba.

Para ahli, musuh dan pemerintah Barat mempertanyakan apakah Hamas mencampurkan uang untuk operasi militernya dengan uang untuk keperluan sipil.

Hamas tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar. Namun perwakilan Hamas telah mengatakan sebelumnya bahwa kelompok tersebut dengan tegas memisahkan pendanaan untuk pemerintahan Gaza dari pendanaan untuk sayap militernya, yang juga dikenal sebagai Brigade Izz ad-Din al-Qassam.

Setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober yang menewaskan lebih dari 1.400 orang, beberapa mantan pejabat dan pakar Departemen Keuangan AS berpendapat bahwa Amerika Serikat dan sekutunya di Eropa perlu menindak jaringan keuangan global kelompok tersebut.

“Perlu ada tinjauan kebijakan,” kata Jonathan Schanzer, mantan pejabat Departemen Keuangan AS yang sekarang bekerja di lembaga think tank Foundation for Defense of Democracies.

Koneksi Iran


Besaran anggaran Hamas dan sumber-sumbernya telah berubah seiring berjalannya waktu.

Iran telah menjadi pendukung keuangan dan militer Hamas secara konsisten sejak tahun 1990-an, jauh sebelum kelompok tersebut menguasai Gaza.

Pendanaan tersebut secara bertahap meningkat, dan sekarang berjumlah sekitar USD100 juta per tahun, menurut Departemen Luar Negeri AS.

Para pemimpin Hamas secara terbuka mengakui dukungan finansial dan militer Iran yang berkelanjutan.

Dalam sebuah wawancara bulan ini yang ditayangkan di stasiun televisi Russia Today, pejabat senior Hamas Ali Baraka mengatakan; “Pertama dan terpenting, Iranlah yang memberi kami uang dan senjata.”

Tahun lalu, pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Iran membayar USD70 juta kepada kelompok tersebut untuk mendukung rencana pertahanannya.

Selain dukungan Iran, Hamas telah lama mengandalkan dana dari sekutu ideologis lainnya, termasuk sumbangan pribadi dan kelompok di Turki, Kuwait dan Malaysia, kata mantan pejabat kontraterorisme AS.

Hamas juga memiliki donor di belahan dunia lain, termasuk Amerika Serikat, menurut laporan Departemen Keuangan AS.

Dari tahun 1995 hingga 2001, Holy Land Foundation for Relief and Development beroperasi sebagai lembaga penggalangan dana utama Hamas di AS, mengirimkan lebih dari USD12 juta. “Dengan maksud untuk dengan sengaja menyumbangkan dana, barang, dan jasa kepada Hamas,” bunyi dokumen pengadilan federal dan penilaian pemerintah AS.

Uang Tunai dalam Koper


Setelah Israel menarik diri dari Gaza pada tahun 2005, Hamas mendapatkan bantuan besar lainnya, yaitu pemerintah Qatar.

Hamas memenangkan pemilu atas Fatah, partai yang berkuasa di Palestina, pada awal tahun 2006, sebagian karena warga percaya bahwa pemerintah yang ada tidak dapat dipercaya untuk mengelola dana dengan baik.

Hamas akhirnya menguasai penuh Gaza dan memerintah tanpa pemilu sejak 2007.

Ketika kondisi penduduk di wilayah kantong Palestina tersebut terus memburuk, Israel, AS, dan komunitas internasional beralih ke Qatar yang kaya akan gas untuk mencegah bencana kemanusiaan.

Para pejabat Qatar mulai membawa uang tunai jutaan dolar dalam koper melalui perbatasan Erez Israel dan menyeberang ke Gaza, dengan izin dari pemerintah Israel.

Bagi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang telah lama berkuasa setelah Hamas mulai memerintah Gaza, kebijakan tersebut dimaksudkan untuk membawa stabilitas pada tingkat tertentu di Gaza dan meningkatkan keamanan Israel.

Namun, hal ini juga turut memicu persaingan sengit antara Hamas dan Fatah, yang terus memerintah Tepi Barat yang diduduki.

Berdasarkan perjanjian tersebut, antara tahun 2012 hingga 2021, Qatar memberikan bantuan keuangan sebesar USD1,49 miliar untuk mendukung proyek-proyek bagi warga sipil Palestina di Gaza, kata seorang pejabat Qatar kepada NBC News, yang dilansir Kamis (26/10/2023).

Kesepakatan itu juga memicu kritik di Israel dan ketidaknyamanan di Washington. Namun mantan pejabat AS, yang saat itu menjabat di pemerintahan, mengatakan tidak ada pilihan mudah mengingat Hamas, yang telah mengalahkan saingan politiknya, memegang kendali penuh.

“Saya pikir ada pengakuan luas bahwa situasi di Gaza sangat buruk,” kata mantan Direktur CIA John Brennan.

“Perlu ada aliran dana dari suatu tempat [dan] Qatar memiliki dana finansial untuk melakukan hal itu.”

Neomi Neumann, mantan kepala penelitian Shin Bet, dinas keamanan internal Israel, mengatakan bahwa “kami tidak menemukan cara lain untuk membiayai hal ini dan kami tidak menginginkan krisis kemanusiaan.”

Namun sejak awal, dia berkata, “Kami tahu ini sangat bermasalah.”

Pada tahun 2021, Israel dan Qatar menyetujui perjanjian baru yang mengakhiri penggunaan uang tunai yang diantar langsung ke dalam koper. Sebaliknya, uang Qatar didistribusikan melalui PBB di supermarket, toko penukaran uang, kantor pos dan lokasi lainnya.

Pejabat Qatar mengatakan kepada NBC News bahwa Qatar tidak memberikan bantuan keuangan kepada Hamas.

“Kami memberikan bantuan kepada warga sipil Palestina di Gaza,” kata pejabat itu.

“Bantuan Qatar sepenuhnya dikoordinasikan dengan pemerintah Israel, pemerintah AS, dan PBB. Semua barang seperti makanan, obat-obatan dan bahan bakar melewati Israel sebelum memasuki Gaza.”

Qatar mengatakan uang itu telah digunakan untuk tujuan yang dimaksudkan. "Pemerintah Israel memiliki pengawasan penuh atas dana tersebut, dan akan membatalkan perjanjian jika bantuan tidak mencapai penerima yang dituju,” kata pejabat Qatar.

Muhammad Shehada, seorang analis dan penulis Palestina kelahiran Gaza, menolak klaim bahwa bantuan telah dialihkan oleh Hamas.

Dia menunjuk pada penyelidikan pemerintah Australia pada tahun 2017 yang tidak menemukan bukti bahwa uang pembayar pajak disalahgunakan oleh organisasi non-pemerintah World Vision di Jalur Gaza, menyusul tuduhan Israel bahwa Hamas telah menyedot jutaan dolar per tahun dari badan amal tersebut ke kelompok perlawanan Palestina tersebut.

“Mengingat keadaan sulit di Gaza, kelompok tersebut akan menghadapi pemberontakan dari pegawai negeri dan masyarakat jika ada bukti bahwa mereka menggunakan pendapatan pemerintah untuk mendanai sayap militan mereka,” kata Shehada.

Namun mereka yang skeptis mengatakan bahwa PBB tidak dapat melakukan kontrol ketat terhadap bagaimana dana tersebut dialokasikan, dan hal ini memungkinkan Hamas untuk menggunakan pendapatan pajak dan dana lainnya untuk membangun kekuatan militernya.

“Semua dana yang seharusnya disalurkan ke publik, sebagian besar digunakan untuk kemampuan militer mereka,” kata Neumann.

"Setelah pengambilalihan Gaza, Hamas juga mengembangkan kemampuan untuk mengenakan pajak dan memeras,” kata Matthew Levitt, yang bekerja sebagai pejabat senior Departemen Keuangan yang fokus melawan jaringan keuangan teroris.

Levitt, yang sekarang bekerja di lembaga think tank Washington Institute for Near East Policy, mengatakan Hamas mulai meraup pajak dan suap dari gaji, penjualan barang dan penyelundupan, yang jumlahnya kini mencapai USD300 juta hingga USD450 juta per tahun.

"Meskipun AS dan Uni Eropa telah menetapkan Hamas sebagai organisasi teroris, mereka tidak secara efektif terputus dari sistem keuangan internasional,” kata Hans-Jakob Schindler, direktur senior Counter Extremism Project.

“Mereka sebenarnya bisa menginvestasikan dana di perusahaan dan real estate.”

Kepemimpinan Hamas telah menginvestasikan pendapatannya dalam portofolio investasi internasional senilai USD500 juta dalam bentuk real estate dan aset lainnya dari perusahaan-perusahaan di Aljazair, Arab Saudi, Sudan, Turki dan Uni Emirat Arab, yang digunakan untuk menyembunyikan dan mencuci uangnya, menurut pengumuman Departemen Keuangan AS.

Cryptocurrency telah membantu kelompok tersebut menginvestasikan uangnya sambil melewati sanksi keuangan internasional menurut laporan Counter Extremism Project.

“Hamas adalah pengguna awal penggalangan dana dalam kripto mulai tahun 2019,” kata Ari Redbord, mantan jaksa federal dan kepala kebijakan dan urusan pemerintahan global di TRM Labs, yang berupaya melacak pendanaan Hamas.

“Mereka menggunakan saluran Telegram untuk meminta sumbangan. Mereka kemudian membangun infrastruktur situs web untuk meminta sumbangan.”

Namun, para ahli, termasuk Rebord, menekankan bahwa cryptocurrency tetap menjadi bagian kecil dari strategi keuangan kelompok tersebut.

Sampai batas tertentu, kata para pakar, Hamas juga menambahkan pendapatannya dari berbagai perusahaan kriminal.

"Semua kelompok teror skala besar, seperti Hamas, harus memastikan bahwa mereka memiliki aliran pendanaan yang banyak dan tumpang tindih, karena ada tekanan internasional terhadap keuangan mereka,” kata Schindler.

Misalnya, Hamas hadir di wilayah tiga perbatasan Amerika Selatan, wilayah sepanjang Brasil, Paraguay, dan Argentina yang dikenal sebagai surga bagi teroris dan organisasi kriminal transnasional.

Meskipun para ahli mengatakan aktivitas di sana mungkin merupakan sebagian kecil dari aparat keuangan Hamas yang lebih luas, namun mereka berpartisipasi dalam perdagangan narkoba, senjata dan penyelundupan manusia, serta pencucian uang yang berbasis di sana sehubungan dengan upaya Hizbullah.

Tindakan Barat


Selama dua dekade terakhir, pemerintah negara-negara Barat cenderung lebih fokus pada pemotongan keuangan organisasi Islam lainnya, sementara Hamas mendapat prioritas yang lebih rendah, kata mantan pejabat AS Gerald Feierstein, yang bekerja di biro kontraterorisme Departemen Luar Negeri AS dari tahun 2006 hingga 2008.

Dia mengatakan Hamas tidak dianggap sebagai ancaman langsung terhadap AS.

“Dari perspektif kontraterorisme, masyarakat tidak terlalu fokus pada Hamas,” kata Feierstein, yang kini bekerja di lembaga think tank Middle East Institute di Washington.

“Pada saat itu, fokusnya sebenarnya pada AQ,” katanya, mengacu pada al-Qaeda.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Barat telah mengganggu beberapa sumber pendanaan Hamas.

Pada bulan Agustus 2020, pihak berwenang AS menyita jutaan dolar dan lebih dari 300 aset mata uang kripto yang terkait dengan beberapa kelompok, termasuk Hamas, sebagai bagian dari serangkaian tindakan terkait terorisme.

Sanksi terbaru Departemen Keuangan yang menargetkan operasi Hamas mencakup pertukaran mata uang virtual yang berbasis di Gaza; Buy Cash Money and Money Transfer Company, dan operatornya yang digunakan untuk mengumpulkan sumbangan dalam jumlah kecil.

Pada tahun 2021, Israel menyita beberapa dompet mata uang kripto, termasuk Buy Cash, yang diyakini dikendalikan oleh Hamas.

Pada saat itu, Elliptic, sebuah perusahaan analisis riset memperkirakan dompet tersebut telah menerima lebih dari USD7.7 juta dalam bentuk kripto.

Pada tahun yang sama, pemerintah Jerman melarang jaringan organisasi amal Ansaar International e.V., yang telah mengumpulkan sumbangan untuk berbagai organisasi, termasuk Hamas, dan termasuk aset real estate.

Kemudian terjadilah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Negara-negara Eropa, yang beberapa di antaranya membedakan antara sayap politik dan sayap bersenjata Hamas, mengatakan bahwa mereka berupaya menutup celah yang ada yang melibatkan organisasi-organisasi amal yang mengaku mengumpulkan uang untuk perjuangan Palestina, namun terbukti menjadi garda depan yang menyalurkan uang kepada militan Hamas.

Swiss termasuk di antara sekelompok negara yang belum secara resmi melarang Hamas. Kementerian Luar Negeri Swiss telah mengindikasikan sedang meninjau masalah ini.

Pekan lalu, AS memberikan sanksi kepada jaringan 10 anggota Hamas dan fasilitator keuangan yang berbasis di Gaza, Sudan, Turki, Aljazair, dan Qatar.

Di antara mereka yang menjadi sasaran adalah seorang agen yang berbasis di Qatar dan seorang komandan hubungan militer Hamas--yang diduga tewas dalam serangan udara baru-baru ini--karena bertindak atas nama Hamas, selain sebuah perusahaan yang berbasis di Gaza yang menyediakan layanan transfer uang dan pertukaran mata uang virtual.

“Saya pikir ini merupakan peringatan bagi AS untuk mulai serius terhadap yurisdiksi yang telah diperlakukan sebagai sekutu, dan bahkan sebagai aset,” kata Schanzer, merujuk pada pemerintah yang menurutnya telah gagal mengambil tindakan melawan pemodal Hamas beroperasi di dalam perbatasan mereka.

Seorang pejabat Israel mengatakan bahwa Hamas gagal menggunakan kesempatan yang ditawarkan oleh bantuan internasional dan bantuan keuangan lainnya untuk meningkatkan kehidupan warga Palestina di Gaza.

“Kalau saja Hamas memprioritaskan penduduk Gaza di atas ideologi militer dan ekstremisnya, Gaza akan mendapat manfaat dari pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran,” kata pejabat itu.

“Kalau dipikir-pikir lagi, membiarkan organisasi teroris menguasai Jalur Gaza adalah suatu kesalahan. Kami bermaksud memperbaiki kesalahan itu sekarang."
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)