Gaza Miskin, Ini Sumber Uang Hamas untuk Danai Ribuan Pasukan Melawan Israel

Kamis, 26 Oktober 2023 - 09:59 WIB
loading...
A A A
Tahun lalu, pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Iran membayar USD70 juta kepada kelompok tersebut untuk mendukung rencana pertahanannya.

Selain dukungan Iran, Hamas telah lama mengandalkan dana dari sekutu ideologis lainnya, termasuk sumbangan pribadi dan kelompok di Turki, Kuwait dan Malaysia, kata mantan pejabat kontraterorisme AS.

Hamas juga memiliki donor di belahan dunia lain, termasuk Amerika Serikat, menurut laporan Departemen Keuangan AS.

Dari tahun 1995 hingga 2001, Holy Land Foundation for Relief and Development beroperasi sebagai lembaga penggalangan dana utama Hamas di AS, mengirimkan lebih dari USD12 juta. “Dengan maksud untuk dengan sengaja menyumbangkan dana, barang, dan jasa kepada Hamas,” bunyi dokumen pengadilan federal dan penilaian pemerintah AS.

Uang Tunai dalam Koper


Setelah Israel menarik diri dari Gaza pada tahun 2005, Hamas mendapatkan bantuan besar lainnya, yaitu pemerintah Qatar.

Hamas memenangkan pemilu atas Fatah, partai yang berkuasa di Palestina, pada awal tahun 2006, sebagian karena warga percaya bahwa pemerintah yang ada tidak dapat dipercaya untuk mengelola dana dengan baik.

Hamas akhirnya menguasai penuh Gaza dan memerintah tanpa pemilu sejak 2007.

Ketika kondisi penduduk di wilayah kantong Palestina tersebut terus memburuk, Israel, AS, dan komunitas internasional beralih ke Qatar yang kaya akan gas untuk mencegah bencana kemanusiaan.

Para pejabat Qatar mulai membawa uang tunai jutaan dolar dalam koper melalui perbatasan Erez Israel dan menyeberang ke Gaza, dengan izin dari pemerintah Israel.

Bagi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang telah lama berkuasa setelah Hamas mulai memerintah Gaza, kebijakan tersebut dimaksudkan untuk membawa stabilitas pada tingkat tertentu di Gaza dan meningkatkan keamanan Israel.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0809 seconds (0.1#10.140)