5 Fakta Zaman Keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang Dipopulerkan Assassin’s Creed

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 03:33 WIB
loading...
5 Fakta Zaman Keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang Dipopulerkan Assassin’s Creed
Dinasti Abbasiyah menjadi puncak peradaban Islam. Foto/Science Photo Library
A A A
BAGHDAD - Apakah Anda bermimpi menyarungkan pistol flintlock dan berlayar melewati Zaman Keemasan Pembajakan abad ke-18 atau memimpin klan Viking untuk menetap di kerajaan Anglo-Saxon yang terpecah di abad ke-9, video game Assassin’s Creed siap membantu Anda.

Sejak tahun 2007, seri aksi-petualangan populer yang dibuat oleh penerbit video game Ubisoft telah membawa para gamer dalam petualangan di seluruh dunia melalui periode sejarah yang berbeda.

Dengan edisi ke-13 yang dirilis pada hari Kamis, Assassin’s Creed Mirage mencoba membawa pemain ke Bagdad abad ke-9 di Irak pada masa pemerintahan Kekhalifahan Abbasiyah , yang saat itu merupakan salah satu kota paling penting di dunia.

Ibu kota Irak saat ini sering dikaitkan, terutama oleh masyarakat Barat, dengan perang Amerika Serikat dan kehancuran yang ditimbulkannya lebih dari dua dekade lalu.

Namun dalam Assassin’s Creed Mirage, game ini mencoba memberikan pemain gambaran sekilas tentang sejarah Kekhalifahan Abbasiyah yang kaya dan beragam selama Zaman Keemasan Islam.

Berikut adalah 5 fakta yang perlu diketahui tentang berdirinya Kekhalifahan Abbasiyah di Baghdad dan akhir yang membara.

1. Didirikan oleh Keturunan Paman Nabi Muhammad SAW

5 Fakta Zaman Keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang Dipopulerkan Assassin’s Creed

Foto/history.org

Melansir Al Jazeera, Kekhalifahan Abbasiyah didirikan pada tahun 750 oleh sebuah dinasti keturunan dan dinamai menurut nama paman Nabi Muhammad SAW, Abbas ibn Abd al-Muttalib, yang meninggal 100 tahun sebelum dinasti tersebut didirikan.

Bani Abbasiyah menggulingkan Bani Umayyah, dinasti Muslim terkemuka yang didirikan pada tahun 661 di Damaskus.

Untuk mencapai prestasi ini, mereka menyatukan berbagai bangsa, termasuk Persia di Khorasan, yang masuk Islam dan tetap menjadi faktor penting dalam membentuk kekhalifahan secara berbeda untuk menghindari penderitaan seperti yang dialami pendahulu mereka.

Dinasti Abbasiyah mengubah angkatan bersenjata dengan tidak mendaftarkan pejuang berdasarkan afiliasi suku atau etnis, dengan fokus pada kepentingan bersama sebagai kekuatan pemersatu.

Bahasa Arab adalah bahasa resmi, dan kesalehan Islam masih menjadi inti kekhalifahan. Namun, dinasti baru ini memperkenalkan lebih banyak keberagaman, dengan tujuan untuk mewakili seluruh umat Islam – tidak hanya Muslim Arab – dan tidak segan-segan memasukkan penganut agama lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)