5 Fakta Zaman Keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang Dipopulerkan Assassin’s Creed

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 03:33 WIB
loading...
5 Fakta Zaman Keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang Dipopulerkan Assassin’s Creed
Dinasti Abbasiyah menjadi puncak peradaban Islam. Foto/Science Photo Library
A A A
BAGHDAD - Apakah Anda bermimpi menyarungkan pistol flintlock dan berlayar melewati Zaman Keemasan Pembajakan abad ke-18 atau memimpin klan Viking untuk menetap di kerajaan Anglo-Saxon yang terpecah di abad ke-9, video game Assassin’s Creed siap membantu Anda.

Sejak tahun 2007, seri aksi-petualangan populer yang dibuat oleh penerbit video game Ubisoft telah membawa para gamer dalam petualangan di seluruh dunia melalui periode sejarah yang berbeda.

Dengan edisi ke-13 yang dirilis pada hari Kamis, Assassin’s Creed Mirage mencoba membawa pemain ke Bagdad abad ke-9 di Irak pada masa pemerintahan Kekhalifahan Abbasiyah , yang saat itu merupakan salah satu kota paling penting di dunia.

Ibu kota Irak saat ini sering dikaitkan, terutama oleh masyarakat Barat, dengan perang Amerika Serikat dan kehancuran yang ditimbulkannya lebih dari dua dekade lalu.

Namun dalam Assassin’s Creed Mirage, game ini mencoba memberikan pemain gambaran sekilas tentang sejarah Kekhalifahan Abbasiyah yang kaya dan beragam selama Zaman Keemasan Islam.

Berikut adalah 5 fakta yang perlu diketahui tentang berdirinya Kekhalifahan Abbasiyah di Baghdad dan akhir yang membara.

1. Didirikan oleh Keturunan Paman Nabi Muhammad SAW

5 Fakta Zaman Keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang Dipopulerkan Assassin’s Creed

Foto/history.org

Melansir Al Jazeera, Kekhalifahan Abbasiyah didirikan pada tahun 750 oleh sebuah dinasti keturunan dan dinamai menurut nama paman Nabi Muhammad SAW, Abbas ibn Abd al-Muttalib, yang meninggal 100 tahun sebelum dinasti tersebut didirikan.

Bani Abbasiyah menggulingkan Bani Umayyah, dinasti Muslim terkemuka yang didirikan pada tahun 661 di Damaskus.

Untuk mencapai prestasi ini, mereka menyatukan berbagai bangsa, termasuk Persia di Khorasan, yang masuk Islam dan tetap menjadi faktor penting dalam membentuk kekhalifahan secara berbeda untuk menghindari penderitaan seperti yang dialami pendahulu mereka.

Dinasti Abbasiyah mengubah angkatan bersenjata dengan tidak mendaftarkan pejuang berdasarkan afiliasi suku atau etnis, dengan fokus pada kepentingan bersama sebagai kekuatan pemersatu.

Bahasa Arab adalah bahasa resmi, dan kesalehan Islam masih menjadi inti kekhalifahan. Namun, dinasti baru ini memperkenalkan lebih banyak keberagaman, dengan tujuan untuk mewakili seluruh umat Islam – tidak hanya Muslim Arab – dan tidak segan-segan memasukkan penganut agama lain.

“Seperti halnya penduduk asli Arab, Bani Abbasiyah mempekerjakan banyak penasihat asing, birokrat, insinyur, teknisi, penerjemah, dan hampir semua peran lain yang dapat dibayangkan,” kata penulis dan analis Eamonn Gearon.

“Selain mengisi semua jabatan dengan orang-orang terbaik – dan pada masa itu, hanya laki-laki saja – mereka dengan senang hati mempekerjakan orang-orang Kristen, Yahudi, Zoroaster, dan non-Muslim lainnya untuk sebagian besar pekerjaan; mereka hanya harus menjadi yang terbaik,” katanya kepada Al Jazeera.

2. Menjadikan Baghdad sebagai Ibu Kota

Khalifah terbesar Abbasiyah bisa dibilang adalah pemimpin kedua dinasti tersebut, al-Mansur, yang memutuskan untuk membangun Bagdad sebagai ibu kota baru.

Potensi geopolitik menjadi pertimbangan utama mengenai di mana dan bagaimana kota ini dibangun dan mengambil alih kekuasaan ibu kota Kekhalifahan Abbasiyah dari Kufah, yang hingga kini masih menjadi tempat ziarah penting bagi Muslim Syiah.

Al-Mansur memilih lokasi antara sungai Tigris dan Efrat dengan tanah subur, yang memberinya akses terhadap sumber air dan makanan yang cukup serta tempat yang cocok untuk memperluas kekuatan militer.

Orang-orang Muslim non-Arab yang datang ke Bagdad berperan penting dalam mengukuhkan posisinya sebagai kota besar dan membantu meningkatkan populasinya hingga lebih dari satu juta pada abad ke-10.

Seiring dengan berkembangnya kota ini, pekerjaan konstruksi terus mendatangkan pekerja, namun kota ini juga terletak di sepanjang Jalur Sutra, sehingga perdagangan mempunyai ruang untuk berkembang.

“Kerajaan Abbasiyah tidak akan pernah sesukses ini, dan tidak akan bertahan selama ini, jika para khalifah dan para penasihatnya tidak cukup bijaksana untuk mengenali, menerima, terinspirasi oleh, dan memanfaatkan teknologi asing secara luas. dan ide,” kata Gearon.

“Seperti semua kerajaan besar, kekhalifahan Abbasiyah berhasil karena meminjam pengetahuan dari banyak sumber dan menyesuaikannya dengan keadaan lokal.”

3. Menjadi Puncak Peradaban Islam

5 Fakta Zaman Keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang Dipopulerkan Assassin’s Creed

Foto/BBC

Al-Mansur memilih tata letak melingkar untuk Bagdad yang umum di Persia. Kota ini merupakan serangkaian lingkaran konsentris, sehingga mendapat gelar Kota Bulat.

Selain masjid, istana khalifah yang megah terletak di tengah lingkaran terdalam, menampung penguasa, keluarga mereka, dan pengawal pribadi mereka.

Para duta besar dan cendekiawan dari seluruh dunia juga akan ditampung di sana. Istana Golden Gate adalah pintu masuknya yang berlapis emas. Kubahnya, yang tertinggi kira-kira setinggi 40 meter (130 kaki), menawarkan jarak pandang yang tinggi dan pemandangan yang indah.

Al-Mansur mempekerjakan arsitek asing dan sekitar 100.000 pekerja konstruksi untuk menyelesaikan proyek tersebut, termasuk dua tembok pertahanan besar, beberapa gerbang dan parit berisi air untuk perlindungan.

Ibu kota kekhalifahan terus berkembang selama beberapa dekade dan abad, menarik para pedagang, cendekiawan, dokter, seniman, dan pembangun dari berbagai negeri seperti Tiongkok, Eropa Barat, dan Tanduk Afrika.

4. Memiliki Rumah Kebijaksaan yang Menjadi Pusat Intelektual

Khalifah memerintahkan pembangunan Rumah Kebijaksanaan, sebuah perpustakaan besar dan pusat intelektual penting Zaman Keemasan Islam, yang kehilangannya beberapa 100 tahun kemudian dianggap sebagai tragedi besar hingga hari ini.

Di dalamnya terdapat buku-buku dan karya ilmiah dari segala asal usul, mulai dari perjanjian Yunani kuno hingga teks-teks dari India dan Afrika. Mereka mencakup berbagai mata pelajaran mulai dari filsafat, kedokteran, matematika dan astronomi dan menarik banyak sarjana ke Bagdad.

Gerakan penerjemahan besar-besaran yang disponsori oleh Bani Abbasiyah berarti bahwa pengetahuan dari daerah lain, termasuk Yunani, ditransfer dan diperluas ke Bagdad. Kota ini menyaksikan banyak kemajuan ilmu pengetahuan, medis, matematika dan sastra.

5. Dihancurkan Pasukan Mongol

Sekitar 500 tahun setelah Bagdad pertama kali dibangun dan mulai makmur, kota dan banyak penduduknya dihadapkan pada akhir yang tragis.

Pada tahun 1258, pasukan Mongol yang dipimpin oleh Hulagu Khan mengepung kota tersebut dan akhirnya meratakannya dengan tanah, kemungkinan besar menewaskan ratusan ribu orang dalam prosesnya.

Rumah Kebijaksanaan juga hancur, dan masih belum jelas berapa banyak isi perpustakaan besar yang hilang.

Serangan tersebut mengakhiri Kekhalifahan Abbasiyah dan dianggap menandai berakhirnya Zaman Keemasan Islam, di mana para khalifah memperluas kekuasaannya dari Semenanjung Iberia di Eropa barat daya hingga Sindh di Asia Selatan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)