Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:43 WIB
loading...
A A A

4. Dimanfaatkan Lukashenko

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

Wagner telah mengalami keresahan sejak pemberontakan Prigozhin dibatalkan pada tanggal 23 Juni.

Dia mengatakan “pawai keadilan” yang dilakukannya di Moskow yang berhenti 200 km (125 mil) selatan ibu kota Rusia dipicu oleh perseteruan selama berbulan-bulan dengan kementerian pertahanan yang “menyabotase” pasokan amunisi.

Pawai ini juga dipicu oleh ultimatum Moskow bahwa setiap pejuang Wagner harus menandatangani kontrak untuk menjadi roda penggerak dalam mesin militer Rusia, yang dikenal karena ketidakefektifannya, pengambilan keputusan yang buruk, dan logistik yang mengubah serangan kilat Putin di Ukraina menjadi sebuah rawa tanpa akhir yang terlihat. .
Lukashenko menjadi perantara gencatan senjata antara Prigozhin dan Kremlin, menjamin pejuang Wagner yang tidak mau mendaftar bisa pindah ke Belarus.

Ribuan orang telah menetap di kamp-kamp yang dibangun untuk mereka di hutan lebat Belarusia yang pernah menjadi tempat persembunyian gerilyawan Perang Dunia II yang melawan Nazi Jerman.

“Bagian yang paling memenuhi syarat dari mereka akan mendapatkan kewarganegaraan Belarusia dan akan diintegrasikan dalam struktur penegakan hukum Belarusia,” kata analis Igar Tyshkevich, kelahiran Belarusia, yang berbasis di Kiev mengatakan kepada Al Jazeera.

Para rekrutan tersebut akan membantu Lukashenko melawan upaya Moskow untuk menyelesaikan penaklukannya terhadap negara bekas Soviet yang berpenduduk 10 juta jiwa.

Lukashenko akan mencoba memaksa pejuang Wagner lainnya kembali ke Rusia, di mana militer, badan intelijen, dan perusahaan negara sudah berusaha mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh kematian Prigozhin, kata Tyshkevich.

Misalnya, Lukoil, perusahaan energi terbesar kedua di Rusia, telah lama memiliki perusahaan keamanan sendiri yang didirikan oleh mantan perwira operasi intelijen khusus di KGB era Soviet.

5. Replika Wagner Telah Bermunculan

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

"Pada bulan November, Kremlin mengizinkan perusahaan-perusahaan Rusia untuk membentuk perusahaan militer swasta mereka sendiri, dan dinas keamanan Lukoil, Lukom-A, telah secara aktif meningkatkan potensi militernya untuk meluncurkan PMC-nya sendiri," kata Tyshkevich.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)