Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:43 WIB
loading...
Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin
Wagner tetap akan menjadi legenda tentara bayaran Rusia terbaik yang dikenang banyak orang. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kontraktor militer swasta Wagner yang kuat telah dipecah belah oleh militer Rusia, badan intelijen, dan perusahaan milik negara yang dibiayai oleh oligarki Kremlin.

Kremlin mengatakan pihaknya berselisih mengenai masa depan Grup Wagner, perusahaan militer swasta terbesar dan paling terkenal di Rusia.

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda apa pun sekarang, saya tidak tahu. Secara hukum, tidak ada struktur seperti itu,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dilansir Al Jazeera.

Namun para pengamat mengatakan kepada Al Jazeera bahwa para pejuang Wagner dengan berbagai peralatan tempurnya yang telah teruji dalam perang Ukraina terlalu berharga untuk dibubarkan dan dilepaskan begitu saja.

Apa dan siapa yang tersisa dari Wagner sudah dikoyak oleh militer Rusia, badan intelijen, perusahaan milik negara, dan perusahaan militer swasta (PMC) yang dibiayai oleh sekutu atau oligarki Kremlin – dan bahkan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mungkin akan mendapatkan bagiannya.

Berikut adalah 7 skenario yang dimainkan Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai masa depan Wagner.

1. Memanfaatkan Pejuang Wagner yang Berpengalaman

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

Sejak 2014, Wagner mempekerjakan ribuan petarung berpengalaman dengan latar belakang berbeda. Beberapa dari mereka adalah lulusan dari unit militer dan intelijen elit, beberapa berjuang untuk Moskow dalam perang Chechnya, dan beberapa berasal dari kelompok kriminal yang menjamur di bekas Uni Soviet pada tahun 1990an.

Tahun lalu, Wagner merekrut puluhan ribu narapidana dari penjara-penjara Rusia yang dijanjikan gaji besar dan pengampunan presiden. Namun sebagian besar digunakan dalam apa yang dikenal sebagai pengorban sia-sia terhadap Ukraina.

Hanya sedikit yang selamat ketika pasukan Ukraina kehabisan tenaga dan menghentikan serangan balasan Kyiv, dan bahkan lebih sedikit lagi yang bertahan.


2. Manajemen Baru Wagner

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

Mengingat kehebatan para pejuang Wagner yang selamat di medan perang, pertanyaan terbesarnya adalah apakah Kremlin akan mencoba mempertahankan Wagner di bawah manajemen baru – atau membuat replikanya secara utuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)