Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:43 WIB
loading...
Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin
Wagner tetap akan menjadi legenda tentara bayaran Rusia terbaik yang dikenang banyak orang. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kontraktor militer swasta Wagner yang kuat telah dipecah belah oleh militer Rusia, badan intelijen, dan perusahaan milik negara yang dibiayai oleh oligarki Kremlin.

Kremlin mengatakan pihaknya berselisih mengenai masa depan Grup Wagner, perusahaan militer swasta terbesar dan paling terkenal di Rusia.

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda apa pun sekarang, saya tidak tahu. Secara hukum, tidak ada struktur seperti itu,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dilansir Al Jazeera.

Namun para pengamat mengatakan kepada Al Jazeera bahwa para pejuang Wagner dengan berbagai peralatan tempurnya yang telah teruji dalam perang Ukraina terlalu berharga untuk dibubarkan dan dilepaskan begitu saja.

Apa dan siapa yang tersisa dari Wagner sudah dikoyak oleh militer Rusia, badan intelijen, perusahaan milik negara, dan perusahaan militer swasta (PMC) yang dibiayai oleh sekutu atau oligarki Kremlin – dan bahkan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mungkin akan mendapatkan bagiannya.

Berikut adalah 7 skenario yang dimainkan Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai masa depan Wagner.

1. Memanfaatkan Pejuang Wagner yang Berpengalaman

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

Sejak 2014, Wagner mempekerjakan ribuan petarung berpengalaman dengan latar belakang berbeda. Beberapa dari mereka adalah lulusan dari unit militer dan intelijen elit, beberapa berjuang untuk Moskow dalam perang Chechnya, dan beberapa berasal dari kelompok kriminal yang menjamur di bekas Uni Soviet pada tahun 1990an.

Tahun lalu, Wagner merekrut puluhan ribu narapidana dari penjara-penjara Rusia yang dijanjikan gaji besar dan pengampunan presiden. Namun sebagian besar digunakan dalam apa yang dikenal sebagai pengorban sia-sia terhadap Ukraina.

Hanya sedikit yang selamat ketika pasukan Ukraina kehabisan tenaga dan menghentikan serangan balasan Kyiv, dan bahkan lebih sedikit lagi yang bertahan.


2. Manajemen Baru Wagner

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

Mengingat kehebatan para pejuang Wagner yang selamat di medan perang, pertanyaan terbesarnya adalah apakah Kremlin akan mencoba mempertahankan Wagner di bawah manajemen baru – atau membuat replikanya secara utuh.

Tak bisa disangkal jika apa yang membuat Wagner menonjol adalah kecerdasan bisnis dan karisma jahat Prigozhin, yang pemikirannya yang out-of-the-box, cabul, hingga kecaman megalomaniak. Kemudian, pembangkangan Prigozhin belum pernah terjadi sebelumnya di masa pemerintahan Presiden Vladimir Putin di Rusia – dan akan membuat banyak penjahat dalam film James Bond pucat pasi.

Mantan narapidana berusia 62 tahun – yang dulu dikenal sebagai “koki Putin” dan masuk daftar hitam di Barat – membangun kerajaan bisnis yang memperdagangkan hidrokarbon Suriah, berlian Afrika, emas, kayu, dan bahan mentah.

Dia menandatangani kesepakatan keamanan yang menguntungkan dengan para otokrat sub-Sahara, menjalankan bisnis katering dan hotel di Rusia, dan meluncurkan kelompok troll yang ikut campur dalam pemilu dari Madagaskar hingga Amerika Serikat dan melahirkan outlet media dan saluran Telegram.

Wagner hanyalah permata yang paling terlihat di mahkotanya.

3. Mempertahankan Keunikan Wagner

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

“Wagner lebih dari sekedar PMC,” kata John Lechner, seorang penulis AS yang sedang menulis buku tentang Prigozhin yang merangkum penelitian bertahun-tahun di Afrika, Timur Tengah, Rusia dan Ukraina. “Tidak ada hal seperti ini yang dapat menggantikan Prigozhin dalam waktu dekat.”

Pakar militer terkemuka Ukraina setuju dengan hal tersebut.

“Wagner memiliki keunikan tersendiri, dan Anda perlu memuji Prigozhin atas hal itu,” ujar Letnan Jenderal Ihor Romanenko, mantan wakil kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina, mengatakan kepada Al Jazeera.

Para petinggi Rusia “tidak akan mampu membentuk hal serupa dalam waktu dekat”, kata Romanenko.

"Sumber daya Wagner yang paling berharga dan mematikan – pesawat tempur berpengalaman dan teruji – siap untuk diperebutkan," kata Romanenko.

“Mereka akan memisahkan orang, prosesnya sudah berjalan,” kata Romanenko. “Ada yang akan dicopot, ada pula yang dipecat. Beberapa akan pindah ke bangunan lain, beberapa mungkin tertarik [untuk tetap tinggal] karena mereka adalah pasukan penyerang yang terlatih.”


4. Dimanfaatkan Lukashenko

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

Wagner telah mengalami keresahan sejak pemberontakan Prigozhin dibatalkan pada tanggal 23 Juni.

Dia mengatakan “pawai keadilan” yang dilakukannya di Moskow yang berhenti 200 km (125 mil) selatan ibu kota Rusia dipicu oleh perseteruan selama berbulan-bulan dengan kementerian pertahanan yang “menyabotase” pasokan amunisi.

Pawai ini juga dipicu oleh ultimatum Moskow bahwa setiap pejuang Wagner harus menandatangani kontrak untuk menjadi roda penggerak dalam mesin militer Rusia, yang dikenal karena ketidakefektifannya, pengambilan keputusan yang buruk, dan logistik yang mengubah serangan kilat Putin di Ukraina menjadi sebuah rawa tanpa akhir yang terlihat. .
Lukashenko menjadi perantara gencatan senjata antara Prigozhin dan Kremlin, menjamin pejuang Wagner yang tidak mau mendaftar bisa pindah ke Belarus.

Ribuan orang telah menetap di kamp-kamp yang dibangun untuk mereka di hutan lebat Belarusia yang pernah menjadi tempat persembunyian gerilyawan Perang Dunia II yang melawan Nazi Jerman.

“Bagian yang paling memenuhi syarat dari mereka akan mendapatkan kewarganegaraan Belarusia dan akan diintegrasikan dalam struktur penegakan hukum Belarusia,” kata analis Igar Tyshkevich, kelahiran Belarusia, yang berbasis di Kiev mengatakan kepada Al Jazeera.

Para rekrutan tersebut akan membantu Lukashenko melawan upaya Moskow untuk menyelesaikan penaklukannya terhadap negara bekas Soviet yang berpenduduk 10 juta jiwa.

Lukashenko akan mencoba memaksa pejuang Wagner lainnya kembali ke Rusia, di mana militer, badan intelijen, dan perusahaan negara sudah berusaha mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh kematian Prigozhin, kata Tyshkevich.

Misalnya, Lukoil, perusahaan energi terbesar kedua di Rusia, telah lama memiliki perusahaan keamanan sendiri yang didirikan oleh mantan perwira operasi intelijen khusus di KGB era Soviet.

5. Replika Wagner Telah Bermunculan

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

"Pada bulan November, Kremlin mengizinkan perusahaan-perusahaan Rusia untuk membentuk perusahaan militer swasta mereka sendiri, dan dinas keamanan Lukoil, Lukom-A, telah secara aktif meningkatkan potensi militernya untuk meluncurkan PMC-nya sendiri," kata Tyshkevich.

Demikian pula, perusahaan keamanan yang berafiliasi dengan sekutu Putin atau raksasa energi yang dikendalikan Kremlin akan tetap berhubungan dengan sisa-sisa Wagner untuk mengembangkan perusahaan militer swasta mereka sendiri, katanya.

Namun demikian, Beberapa pejuang Wagner lebih memilih untuk mempertahankan independensi mereka. "Mereka akan berubah menjadi kelompok tentara bayaran standar atau perusahaan militer swasta,” kata Tyshkevich.

Yang lain akan menjadi bagian dari perusahaan negara atau badan intelijen, dan beberapa telah menandatangani kontrak dengan kementerian pertahanan, sementara mereka yang “diusir” dari Belarus mungkin bergabung dengan mereka untuk berperang di Ukraina, tambahnya.

“Tetapi jumlahnya tidak akan banyak,” kata Tyshkevich. “Wagner akan terpecah menjadi beberapa struktur.”

6. Tidak Ada yang Bisa Melawan Reputasi Wagner

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

“Pejuang berpengalaman maju ke garis depan mengikuti kata hati mereka untuk mengusir kaum nasionalis [Ukraina],” kata seorang pembawa berita di jaringan televisi Channel One yang dikendalikan Kremlin pada bulan Januari, ketika mengumumkan sebuah cerita tentang Fakel (Obor), salah satu PMC lainnya.

Rekaman itu menunjukkan selusin “mantan perwira militer” bertopeng bertempur di wilayah Donetsk, Ukraina tenggara, menembaki dan menyerbu parit-parit Ukraina.

Laporan tersebut tidak menyebutkan pendukung keuangan Fakel, namun laporan media menunjukkan bahwa Gazprom, produsen dan eksportir gas alam yang dikendalikan Kremlin, membayar tagihannya – dan juga mendanai setidaknya dua PMC lagi – Potok (Flow) dan Plamya (Flame).

Molfar, sebuah kelompok intelijen sumber terbuka Ukraina, mengatakan bahwa pada bulan Maret, 25 perusahaan militer swasta Rusia beroperasi di Ukraina.

Mereka memiliki nama-nama seperti Redoubt, Anti-Terror Eagle, dan Yastreb (Hawk) dan sebagian besar mempekerjakan mantan perwira militer.

"Dua pertiga dari mereka memiliki hubungan dengan kementerian pertahanan dan badan intelijen Rusia, dan enam didanai oleh oligarki seperti sekutu lama Putin Gennady Timchenko dan taipan aluminium Oleg Deripaska," kata Molfar.

Yang menyatukan mereka adalah dorongan Kremlin untuk menghindari keterlibatan resmi dan kematian prajurit reguler Rusia di Ukraina.

“Tentara bayaran berkumpul untuk melewati kerangka kerja dan batasan antar institusi dan lainnya yang tidak mungkin diikuti,” ujar Pavel Luzin, seorang buronan analis pertahanan Rusia, mengatakan kepada Al Jazeera.

Sebagian besar PMC ini berukuran kecil dan para pejuangnya mengeluhkan buruknya rantai pasokan dan koordinasi dengan unit lain.

"Namun sponsor mereka memenuhi dua tujuan: untuk membantu Kremlin menghindari putaran mobilisasi lagi dan untuk menunjukkan kesetiaan mereka kepada Putin," kata Lechner.

7. Karisma Prigozhin Tidak Terkalahkan

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

Di mata hukum Rusia, perusahaan militer swasta masih ilegal, sehingga sponsor atau anggotanya dapat dituntut jika mereka tidak mematuhi Moskow seperti yang dilakukan Prigozhin.

Tapi tidak ada yang punya kesempatan untuk melampauinya.

“Ada banyak bakat militer di antara para komandan lainnya, tetapi karisma Prigozhin, kemampuannya untuk menyatukan berbagai hal sebagai ahli logistik, sebagai manajer – akan sulit untuk digantikan oleh satu orang,” kata Lechner.

Namun perang di Ukraina – serta ambisi Rusia di belahan dunia lain – kemungkinan besar akan membuat PMC ini tetap bertahan dan hidup.

“Tentara bayaran Rusia akan tetap berada di sini,” kata Lechner. “Mungkin dalam bentuk yang kurang karismatik, tapi mereka telah menciptakan pasar untuk diri mereka sendiri dan mungkin juga untuk orang lain.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)