10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Senin, 28 Agustus 2023 - 20:35 WIB
loading...
10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat
Shoko Asahara dikenal sebagai pemimpin sekte sesat di Jepang. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Kejam dan mengerikan kerap digambarkan dengan para pemimpin aliran sesat di berbagai belahan dunia. Tapi, mereka memiliki permainan retorika dan psikologis yang kuat sehingga mampu mempengaruhi pengikutnya.

Hal yang menarik tentang aliran sesat adalah betapa kacau dan meyakinkannya aliran sesat itu. Mereka bermain-main dengan psikologi seseorang dan begitu cuci otak terjadi, akan sangat sulit meyakinkan korbannya.

Fakta bahwa satu orang mampu mencuci otak hingga 1000 orang dan bahkan sampai kehilangan kesadaran akan realitas dan apa yang baik atau buruk, agak menakutkan. Ironisnya, hal yang menarik adalah mentalitas berpikir kelompok yang tampaknya dikuasai oleh setiap aliran sesat.

Hal ini dilakukan dengan sangat baik sehingga para korban bahkan tidak pernah berpikir bahwa mereka sendiri adalah korban. Faktanya, mereka menganggap orang yang tidak menganut doktrin yang sama dengan mereka adalah orang yang salah.

Berikut adalah 10 pemimpin aliran sesat yang paling terkenal dan paling mematikan.

1. Jim Jones

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

Melansir discoverwalks, Jim Jones bukan hanya seorang pemimpin aliran sesat. Dia adalah lambang kejahatan dan orang gila yang bersembunyi di balik karisma dan dominasi fisik. Pengaruhnya begitu kuat sehingga ia meyakinkan para pengikutnya untuk meninggalkan barang-barang duniawi mereka dan pindah ke Jonestown, yang merupakan sebuah kompleks di Guyana.

Dia menamai gerejanya Peoples Temple dan pada suatu saat, Anggota Kongres AS, Leo Ryan memimpin delegasi untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia yang telah dilaporkan. Namun, dia dan empat orang lainnya dibunuh oleh pengikut Jone.

Seolah-olah ini belum cukup, dia memerintahkan bunuh diri massal terhadap lebih dari 900 anggota aliran sesat, termasuk 300 anak-anak. Mereka meninggal karena meminum Kool-Aid yang dicampur dengan sianida. Dia juga mengambil nyawanya. Pencucian otak terjadi terlalu banyak di sini dan sayangnya, tidak banyak yang bisa dilakukan.


2. David Koresh

10 Pemimpin Aliran Sesat Paling Terkenal, dari Sekte Seks hingga Penganut Kiamat

Foto/Wikipedia

David Koresh adalah pemimpin sekte Davidians yang terkenal. Psikopat itu bahkan menamai kelompok itu dengan namanya sendiri dan mengembangkan teologi ekstremisnya sendiri. David melihat dirinya sebagai sosok ayah dan mesias mengingat bagaimana dia menjadi ayah dari anak-anak dan mengambil banyak istri dalam kelompok tersebut.

Salah satu pasangan yang menimbulkan banyak kontroversi dan kekhawatiran adalah Michelle Jones yang berusia 13 tahun. Ini pada dasarnya berarti dia adalah seorang pedofil dan perilakunya diterima karena dialah pemimpinnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)