Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:43 WIB
loading...
A A A
Yang menyatukan mereka adalah dorongan Kremlin untuk menghindari keterlibatan resmi dan kematian prajurit reguler Rusia di Ukraina.

“Tentara bayaran berkumpul untuk melewati kerangka kerja dan batasan antar institusi dan lainnya yang tidak mungkin diikuti,” ujar Pavel Luzin, seorang buronan analis pertahanan Rusia, mengatakan kepada Al Jazeera.

Sebagian besar PMC ini berukuran kecil dan para pejuangnya mengeluhkan buruknya rantai pasokan dan koordinasi dengan unit lain.

"Namun sponsor mereka memenuhi dua tujuan: untuk membantu Kremlin menghindari putaran mobilisasi lagi dan untuk menunjukkan kesetiaan mereka kepada Putin," kata Lechner.

7. Karisma Prigozhin Tidak Terkalahkan

Adakah Pengganti Wagner? 7 Skenario yang Bisa Dimainkan Presiden Putin

Foto/Reuters

Di mata hukum Rusia, perusahaan militer swasta masih ilegal, sehingga sponsor atau anggotanya dapat dituntut jika mereka tidak mematuhi Moskow seperti yang dilakukan Prigozhin.

Tapi tidak ada yang punya kesempatan untuk melampauinya.

“Ada banyak bakat militer di antara para komandan lainnya, tetapi karisma Prigozhin, kemampuannya untuk menyatukan berbagai hal sebagai ahli logistik, sebagai manajer – akan sulit untuk digantikan oleh satu orang,” kata Lechner.

Namun perang di Ukraina – serta ambisi Rusia di belahan dunia lain – kemungkinan besar akan membuat PMC ini tetap bertahan dan hidup.

“Tentara bayaran Rusia akan tetap berada di sini,” kata Lechner. “Mungkin dalam bentuk yang kurang karismatik, tapi mereka telah menciptakan pasar untuk diri mereka sendiri dan mungkin juga untuk orang lain.”
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)