AS Bersumpah Tidak Akan Diam China Gertak Sekutunya

Sabtu, 03 Juni 2023 - 14:06 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan AS juga berkomitmen untuk menghalangi ancaman rudal Korea Utara (Korut) dan klaim China atas Taiwan, pulau demokrasi dengan pemerintahan sendiri yang menurut Beijing adalah wilayahnya. Washington telah meningkatkan perencanaan, koordinasi, dan pelatihan pertahanan dengan negara-negara mitra di wilayah tersebut.

“Yang jelas, kami tidak mencari konflik atau konfrontasi,” katanya. “Tapi kami tidak akan gentar menghadapi intimidasi atau paksaan,” tegasnya.

Austin mengatakan AS tetap sangat berkomitmen pada kebijakan satu-China yang telah lama berlaku, yang mengakui Beijing sebagai pemerintah China tetapi mengizinkan hubungan informal dengan Taiwan, dan terus secara tegas menentang perubahan sepihak terhadap status quo dari kedua sisi.



Austin lantas mengulangi seruan yang dibuat Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, dalam pidato pembukaannya di forum China untuk terlibat dalam komunikasi reguler dan langsung untuk membantu mencegah kemungkinan konflik.

“Untuk para pemimpin pertahanan yang bertanggung jawab, waktu yang tepat untuk berbicara adalah kapan saja,” kata Austin.

“Waktu yang tepat untuk berbicara adalah setiap waktu. Dan waktu yang tepat untuk berbicara adalah sekarang,” tukasnya.

Tidak jelas apakah Li Shangfu, yang akan berpidato di forum itu pada Minggu pagi esok, berada di ruangan saat Austin berbicara. Jenderal China, yang diangkat menjadi menteri pertahanan pada bulan Maret, berada di bawah sanksi Amerika yang merupakan bagian dari paket tindakan luas terhadap Rusia.

Sanksi itu dijatuhkan sebelum invasi ke Ukraina dan diberlakukan pada tahun 2018 atas keterlibatan Li dalam pembelian pesawat tempur China dan rudal anti-pesawat dari Moskow.

Sanksi, yang secara luas mencegah Li melakukan bisnis di AS, tidak mencegahnya mengadakan pembicaraan resmi, kata pejabat pertahanan Amerika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)