China Sebut Pesawat Pengintai AS Sengaja Menyusup ke Area Latihan

Kamis, 01 Juni 2023 - 01:14 WIB
loading...
China Sebut Pesawat Pengintai AS Sengaja Menyusup ke Area Latihan
Jet tempur China lakukan manuver di dekat pesawat pengintai AS. Foto/Newslooks
A A A
BEIJING - Militer China mengatakan sebuah pesawat pengintai Amerika Serikat (AS) dengan sengaja menyusup ke area latihannya pada 26 Mei dan tindakan itu secara serius merusak perdamaian dan stabilitas kawasan.

Juru bicara Komando Teater Selatan China dalam sebuah pernyataan mengatakan selama latihan rutin di Laut China Selatan dengan beberapa kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China, satu pesawat pengintai RC-135 militer AS sengaja masuk ke area latihan.

"Kami dengan sungguh-sungguh mendesak pihak AS untuk secara efektif menahan pasukan garis depan laut dan udara, secara ketat mematuhi hukum internasional yang relevan dan perjanjian serta perjanjian yang relevan, dan mencegah kecelakaan di laut dan udara," kata juru bicara itu seperti dikutip dari US News, Kamis (1/6/2023).



Sementara itu, juru bicara kementerian luar negeri China, Mao Ning, mengatakan bahwa AS telah sering mengirim pesawat dan kapal untuk melakukan pengintaian jarak dekat terhadap China, yang secara serius mengancam kedaulatan dan keamanan China.

“Langkah provokatif dan berbahaya seperti itu adalah akar penyebab masalah keamanan maritim,” ujarhnya dalam konferensi pers pada hari Rabu.

"AS perlu segera menghentikan tindakan provokasi berbahaya seperti itu," tegasnya.



"AS harus dengan sungguh-sungguh menghormati kedaulatan, keamanan dan kepentingan China, segera memperbaiki praktik yang salah, menunjukkan ketulusan dan menciptakan suasana dan kondisi yang diperlukan untuk dialog dan komunikasi antara militer China dan AS," kata Mao seperti dikutip dari Newsweek.

Sebelumnya dilaporkan jet tempur China melakukan manuver agresif yang tidak perlu di dekat pesawat pengintai AS yang beroperasi di Laut China Selatan pada minggu lalu.

Jet tempur J-16 China terbang langsung di depan dan dalam jarak 400 kaki dari hidung pesawat pengintai AS, RC-135. Manuver ini memaksa pesawat AS untuk terbang melalui turbulensi.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)