Luncurkan Operasi Besar, Prancis Kirim 600 Polisi ke New Caledonia

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:27 WIB
loading...
Luncurkan Operasi Besar, Prancis Kirim 600 Polisi ke New Caledonia
Kerusuhan di New Caledonia menyebabkan Prancis ikut turun dengan mengirimkan 600 polisi. Foto/Reuters
A A A
PRANCIS - Polisi Prancis yang berusaha memulihkan ketertiban di wilayah pulau New Caledonia setelah berhari-hari kerusuhan mematikan telah membersihkan puluhan barikade yang menghalangi jalan utama yang menghubungkan bandara ke ibu kota, Noumea.

"Sekitar 60 barikade yang dipasang pengunjuk rasa di sepanjang jalan sepanjang 60 kmtelah dibongkar tetapi jalan tersebut belum dibuka karena puing-puing perlu dibersihkan, yang akan memakan waktu beberapa hari," kata komisaris tinggi wilayah tersebut, Louis Le Franc, dilansir Reuters.

Bandara Tontouta ditutup karena kerusuhan di wilayah Pasifik Selatan yang dikuasai Prancis.

Protes meletus pekan lalu, dipicu oleh kemarahan di kalangan masyarakat adat Kanak atas amandemen konstitusi yang akan mengubah siapa yang diizinkan untuk berpartisipasi dalam pemilu, yang dikhawatirkan oleh para pemimpin lokal akan melemahkan suara Kanak.

Enam orang telah terbunuh dan kerusuhan tersebut telah meninggalkan jejak berupa pembakaran tempat usaha, pembakaran mobil, penjarahan toko, dan barikade jalan, serta memutus akses terhadap obat-obatan dan makanan.

Tiga dari mereka yang terbunuh adalah penduduk asli Kanak dan dua lainnya adalah petugas polisi. Orang keenam tewas dan dua lainnya luka parah pada hari Sabtu dalam baku tembak antara dua kelompok di penghalang jalan di Kaala-Gomen, kata polisi Prancis, tanpa mengidentifikasi kelompok tersebut.

"Lebih dari 600 polisi dikerahkan untuk membersihkan barikade di jalan bandara, termasuk sekitar 100 polisi yang merupakan bagian dari unit khusus bersenjata lengkap," kata Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin pada X Sabtu malam.



“Dengan kekuatan yang saya miliki, kita akan mampu membangun kembali tatanan Republik,” kata Le Franc, komisaris tinggi.

Dia mengatakan dalam pernyataannya bahwa situasi pada Sabtu malam lebih tenang dibandingkan malam-malam sebelumnya, namun menambahkan bahwa telah terjadi dua kali kebakaran dan penjarahan, dan 230 perusuh telah ditangkap.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)
pixels