Spanyol Desak AS Angkut Tanah Tempat 4 Bom Hidrogen Dijatuhkan Pesawat B-52

Selasa, 07 Maret 2023 - 10:24 WIB
loading...
A A A
AS mengirim sekitar 1.600 prajurit ke lokasi kecelakaan untuk memulihkan senjata dan membersihkan kontaminasi. Sekitar 1.400 ton tanah yang terkontaminasi dikirim ke sebuah fasilitas di Carolina Selatan.

Kedua negara sangat ingin mengecilkan tabrakan, yang terjadi selama puncak Perang Dingin dan saat Spanyol berada dalam cengkeraman kediktatoran Francisco Franco.



Di tengah kekhawatiran bahwa risiko kontaminasi radioaktif akan membahayakan industri pariwisata negara yang sedang berkembang, menteri pariwisata Spanyol saat itu dan duta besar AS berenang di laut lepas pantai Palomares yang dipublikasikan secara luas dalam minggu-minggu setelah insiden tersebut.

Kekhawatiran atas dampak tabrakan yang berkepanjangan melambungkan kembali ke sorotan pada tahun 2007, setelah sebuah penelitian menunjukkan hingga 50.000 meter persegi tanah tetap terkontaminasi.

Daerah yang terkena dampak dipagari dan dilarang digunakan untuk pertanian atau pembangunan.

Pada tahun 2015 Madrid dan Washington menandatangani perjanjian untuk merundingkan kesepakatan yang mengikat untuk perbaikan situs tersebut.

"Kita harus melanjutkan penandatanganan hari ini untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk menyelesaikan—sekali dan untuk selamanya—masalah yang sangat penting ini," kata Menteri Luar Negeri AS saat itu, John Kerry, dalam konferensi pers bersama dengan menteri luar negeri Spanyol saat itu, José Manuel García-Margallo.

Namun, sedikit yang dilakukan untuk mengimplementasikan perjanjian tersebut, karena pemilu mengantarkan perubahan di Spanyol dan AS.

"Keputusan pemerintah Spanyol baru-baru ini untuk membahas masalah ini lagi dengan AS didorong oleh penilaian bahwa hubungan bilateral dalam kondisi terbaiknya selama bertahun-tahun," kata sumber Kementerian Luar Negeri Spanyol kepada El PaĂ­s, yang dilansir Selasa (7/3/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)