China: Amerika Serikat Ancaman Nuklir Utama di Dunia!

Sabtu, 04 Maret 2023 - 10:47 WIB
loading...
China: Amerika Serikat Ancaman Nuklir Utama di Dunia!
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning sebut Amerika Serikat sumber ancaman nuklir utama di dunia. Foto/Kementerian Luar Negeri China
A A A
BEIJING - Pemerintah China mencap Amerika Serikat (AS) sebagai ancaman nuklir utama di dunia.

Beijing menuduh Washington berusaha mempertahankan hegemoni militer atas negara-negara lain setelah pejabat Amerika menyatakan perlunya memerintah dalam program senjata Beijing yang jauh lebih kecil.

Pernyataan pemerintah China itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning dalam jumpa pers hari Jumat. Pernyataannya muncul ketika dia diminta untuk menanggapi penasihat keamanan Presiden AS Joe Biden yang menyatakan Gedung Putih harus "menginvestasikan China" dalam pekerjaan untuk mengurangi ancaman nuklir.



"Menyebut China sebagai 'ancaman nuklir' adalah dalih yang nyaman bagi AS untuk memperluas persenjataan nuklirnya sendiri dan mempertahankan hegemoni militernya," kata Mao.

Diplomat perempuan ini menegaskan China telah mempertahankan kebijakan nuklir yang bijaksana dan bertanggung jawab, sangat kontras dengan Washington.

"AS-lah yang menjadi sumber utama ancaman nuklir di dunia," ujar Mao, yang dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri China, Sabtu (4/3/2023).

Menyusul pertemuan menteri luar negeri aliansi QUAD (AS, Jepang, Australia, dan India) di New Delhi pada hari Jumat, para aliansi itu mengeluarkan pernyataan yang menganggap penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima.



Meskipun pernyataan tersebut tidak secara eksplisit ditujukan kepada Beijing, aliansi QUAD--yang kadang-kadang disebut sebagai "NATO Asia"--sering kali menunjuk pada dugaan ancaman yang ditimbulkan oleh China di kawasan Indo-Pasifik.

“China telah menyatakan posisi kami tentang QUAD pada beberapa kesempatan. Kami percaya bahwa kerja sama state-to-state harus konsisten dengan tren perdamaian dan pembangunan, alih-alih tentang menciptakan aliansi regional yang eksklusif," papar Mao.

Dia lantas menyinggung transfer teknologi nuklir yang akan datang dari AS ke Australia di bawah pakta AUKUS (Australia, Inggris, dan As).

“AS juga telah membangun blok-blok kecil yang mengingatkan pada Perang Dingin dengan memperkuat pencegahan yang diperpanjang dan melakukan kerja sama kapal selam nuklir,” katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)